Erling Haaland Gagal ke Chelsea, Ternyata Ini Penyebabnya

0
136

Debatbola.com – Chelsea beberapa waktu lalu sempat santer dikait-kaitkan dengan penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland. Namun, sampai jendela transfer musim panas hampir ditutup, The Blues nyatanya tak jadi memboyong striker asal Norwegia tersebut. Salah seorang pundit pun mengungkap alasan mengapa Chelsea batal memboyong Haaland.

Incar Haaland, Malah Dapat Lukaku

Sebelum dibukanya jendela transfer musim panas, penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland sudah menjadi properti hot bagi klub-klub raksasa Eropa. Klub-klub raksasa itu saling berlomba mendapatkan jasa sang penyerang. Sebut saja Barcelona, Real Madrid, Manchester United, hingga Chelsea.

Khusus untuk Chelsea, rumor Erling Haaland bergabung dengan klub asal London itu barangkali menjadi rumor paling santer dibanding rumor Haaland gabung klub lain. Thomas Tuchel kala itu memang tengah mencari penyerang baru untuk timnya. Hal ini dilakukan Tuchel menyusul kepergian Olivier Giroud, serta melempemnya Timo Werner di musim lalu.

Meski rumor kian mengalir deras, Chelsea pada akhirnya urung mendapatkan servis Haaland. Penyerang berkebangsaan Norwegia itu memilih tinggal, setidaknya selama semusim lagi bersama Die Borussen. Adapun Chelsea memilih berganti target, yakni mantan pemain mereka yang musim lalu memperkuat Inter Milan, Romelu Lukaku.

The Blues rela menggelontorkan dana yang cukup mewah untuk mendatangkan penyerang asal Belgia tersebut. Menurut laman Transfermarkt, Chelsea menggelontorkan dana sekitar 115 juta euro untuk merekrut Lukaku. Dana ini tentu lebih besar berkali-kali lipat dibanding dengan dana 15 juta euro yang dikeluarkan Chelsea untuk merekrut Lukaku pada 2011 silam.

Real Madrid Jadi Faktor Kunci

Urungya Chelsea membeli Haaland menimbulkan pertanyaan, mengapa klub kaya macam The Blues bisa gagal mendapatkan jasa pemain sekelas Haaland. Mengenai pertanyaan ini, salah satu pundit, Duncan Castles punya jawabannya. Castles sepertinya tahu betul mengapa Chelsea tidak jadi merekrut Haaland di summer transfer tahun ini.

“Sesuai seperti yang telah sering diberitakan selama ini, Chelsea telah mencoba mendatangkan Erling Haaland.” Kata Duncan Castles dalam acara Transfer Window Podcast pekan lalu, dikutip dari laman The Sport Review. “Mereka mencoba memanfaatkan keunggulan mengingat mereka adalah klub yang punya uang.”

“Dengan uang yang mereka miliki, Chelsea berusaha mewujudkan transfer itu dan berusaha membujuk Dortmund supaya membiarkan Haaland gabung bersama mereka. Tapi, mereka (Chelsea) sama sekali bukan pilihan pertama Haaland sejak bursa transfer. Mereka menghadapi tembok kokoh dari Dortmund.”

“Yang paling penting, Chelsea harus menghadapi fakta bahwa Haaland lebih memilih untuk gabung Real Madrid. Dari info yang saya dapat beberapa waktu lalu, Real Madrid beberapa hari terakhir tengah berusaha mendatangkan Haaland. Mereka juga ingin mewujudkan transfer Mbappé.”

“Jika mereka (Madrid) bisa mendatangkan Haaland di musim panas ini, mereka punya rencana membawa Mbappé di musim panas mendatang. Yang saya tahu, Florentino Pérez tidak cuma mengincar Mbappé, tetapi Mbappé dan Haaland. Keduanya masuk ke dalam rencana lini serang baru Madrid di masa depan.”

Minat Masih Ada

Mungkin, Chelsea belum bisa mengangkut Haaland di jendela transfer musim panas ini. Namun, bukan berarti mereka sudah menyerah untuk merekrut mantan juru gedor RB Salzburg itu. Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel juga pernah mengungkapkan bahwa dirinya sejatinya punya niat memboyong Haaland.

Mengutip laman Goal, jelang laga kontra Crystal Palace, Tuchel bercanda bahwa ia punya rencana membeli tiga striker sekaligus, Haaland, Lukaku dan Robert Lewandowski. Namun, jajaran dewan klub tidak mau menuruti keinginannya. Sehingga Tuchel akhirnya hanya dapat salah satunya, yakni Romelu Lukaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here