Eric Ten Hag, Sosok Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

0
62

Debatbola.com – Barcelona sedang mengalami musim yang sangat buruk terutama di Liga Champions pasca ditinggalkan oleh Lionel Messi. Kondisi klub tersebut benar-benar buruk karena selalu kalah di Liga Champions Fase Grup dan Liga Spanyol. Keadaan ini membuat sang pelatih Ronald Koeman harus bersiap dipecat dari Blaugrana.

Berbagai nama muncul sebagai kandidat yang akan menggantikan Koeman sebagai pelatih Barcelona. Joan Laporta akhirnya menjatuhkan pilihannya pada Erik Ten Hag. Namun pelatih asal Belanda tersebut baru bisa bergabung dengan Blaugrana pada musim panas 2022 nanti.

Akan Terjadi Perombakan Besar-Besaran

Erik Ten Hag adalah pelatih asal Belanda yang kini melatih klub Ajax Amsterdam. Barcelona berhasil mengikat kontrak sang pelatih untuk menggantikan posisi Ronald Koeman yang dianggap gagal dalam membawa kemenangan klub. Pelatih berusia 51 tahun tersebut akan resmi bergabung dengan El Barca pada akhir musim ini yaitu pada Juni 2022 nanti.

Pergantian pelatih tentu akan membuat perubahan baik dari segi formasi pemain dan pada taktik permainan. Barcelona kemungkinan akan mengalami perombakan secara besar-besaran setelah kedatangan pelatih baru tersebut. Erik Ten Hag kabarnya juga sudah meminta syarat tertentu agar mau bergabung di Barcelona.

Pelatih asal Belanda tersebut meminta kepada Barcelona untuk mendatangkan 5 pemain baru untuk memperkuat timnya. Ten Hag ingin membawa Ryan Gravenberch salah satu pemain Ajax dan Matthijs de Ligt yang juga merupakan mantan anak asuhnya yang kini bermain di Juventus. Ketiga pemain lain yaitu Erling Haaland, Donny van de Beeck dan Dani Olmo.

Erik Tan Hag juga meminta Barcelona untuk mengeluarkan Philippe Coutinho, Samuel Umtiti, Martin Braithwaite, Clement Lenglet dan Luuk de Jong karena tidak termasuk dalam rencananya. Kelima pemain tersebut adalah pemain minim kontribusi dan bisa digunakan untuk sumber uang belanja Barcelona. Tan Hag juga kemungkinan akan menyingkirkan pemain bergaji besar seperti Sergi Roberto, Sergio Busquets dan Jordi Alba.

Perombakan yang terjadi secara besar-besaran ini termasuk menguntungkan Barcelona. Kepergian pemain bergaji tinggi dan minim kontribusi akan mampu memperbaiki finansial klub yang terpuruk. Uang hasil penjualan pemain tersebut juga bisa digunakan sebagai uang belanja agar bisa mendatangkan pemain yang diinginkan Erik Ten Hag.

Barcelona di Tangan Erik Ten Hag

Erik Ten Hag berhasil membawa Ajax Amsterdam memenangkan Eredivisie Belanda sebanyak 2 kali dan Lolos Semi Final di Liga Champions tahun 2018-2019. Selama menjabat sebagai pelatih Ajax, Ten Hag memiliki gaya bermain yang ofensif. Gaya bermain ini sangat mirip dengan tiki-taka khas Barcelona.

Pelatih asal Belanda tersebut menggunakan taktik formasi 4-3-3 pada setiap permainan. Ten Hag mengandalkan umpan-umpan pendek dari pemainnya untuk membuat ruang di area pertahanan lawan. Poros dan pengatur serangan akan dilakukan oleh dua gelandang. Total Football sebagai dasar tiki-taka sudah sangat dipahami pelatih tersebut sejak dirinya pernah menjadi asisten Pep Guardiola.

Erik Ten Hag memanfaatkan gelandang dalam formasi pemainnya. Tiga Gelandang akan menjadi penghubung lini belakang ke lini depan sekaligus memantulkan bola dalam permainan satu lawan satu. Gelandang juga bisa masuk ke kotak penalti lawan dan mengeksekusi bola dari peluang yang ada. Permainan Barcelona akan kembali ke era skema permainan 4 bek seperti beberapa pelatih terdahulu.

Formasi pemain juga akan berubah meskipun Barcelona gagal membawa 5 pemain yang diinginkan oleh Erik Ten Hag. Sergio Aguero akan menjadi opsi pertama ujung tombak penyerangan. Striker tersebut akan didampingi oleh Memphis Depay di sisi kiri dan Ousmane Dembele di sisi kanan sebagai second striker. Opsi-opsi lain juga ada jika Ousmane Dembele mengalami cedera.

Barisan gelandang akan sangat berbeda dengan barisan gelandang racikan Ronald Koeman. Erik Ten Hag akan menempatkan Riqui Puig, Frenkie de Jong dan Sergio Busquets. Sang kapten akan menempati defensive Midfielder, sedangkan Riqui dan Frenkie akan berada di posisi Central Midfielder. Khusus area belakang tidak akan jauh berbeda.

Erik Ten Hag memang akan membawa perubahan besar-besaran pada klub Barcelona. Barcelona diharapkan bisa kembali berjaya di tangan Ten Hag dengan masih menggunakan gaya bermain ciri khas mereka. Datangnya pelatih dan pemain baru ini nantinya diharapkan mampu membawa kemenangan demi kemenangan bagi klub raksasa Spanyol tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here