Era Ronald Koeman Mulai Mulus di Barcelona

0
264
Era Ronald Koeman Mulai Mulus di Barcelona

Debatbola.comEra Ronald Koeman di Barcelona berjalan dengan mulus setelah dua pertandingan La Liga 2020/2021 berhasil disapu kemenangan telak. Barcelona berhasil membantai Villarreal dengan skor 4-0, Senin (28/9), kemudian membawa pulang kemenangan 3-0 ketika bertandang ke Celta Vigo.

Dua kemenangan itu membuat skuat Barcelona diselimuti aura positif. Salah satu faktornya adalah perubahan formasi dari 4-3-3 yang dipakai bertahun-tahun menjadi 4-2-3-1 sejak ditangani Koeman. Koeman menerapkan poros ganda di lini tengah yang membuat Sergio Busquets tampil lebih cemerlang.

Biasanya, ia tampil dengan skema tiga gelandang di Barcelona maupun Tim Nasional Spanyol.  Busquets dijadikan poros ganda bersama Frenkie De Jong. Nafas baru ini menjadi bentuk yang solid kepada Barcelona ketika sedang tidak menguasai bola. De Jong membantu Busquets untuk menyaring bola.

Mereka berdua juga mendapatkan bantuan bertahan dari Antoine Griezmann dan Philippe Coutinho dari sayap. Begitu pun dengan Ansu Fati yang turut membantu bertahan dari lini tengah lebih depan. Solidnya lini tengah itulah yang membuat Lionel Messi semakin leluasa menjadi penyerang Barcelona.

Sementara itu, Fati menjadi bahan pembicaraan menyusul performa bagusnya di awal musim ini. Dialah yang membuat tiga gol untuk Barcelona dalam dua pertandingan La Liga musim ini. Setidaknya Fati bisa membuat Barcelona lebih cepat melupakan Suarez yang sebelumnya menjadi andalan lain sebagai pencetak gol.

Padahal, Barcelona kerap mendapat pemberitaan negatif setelah dibantai Bayern Munich dengan skor 8-2 pada Liga Champions 2019/2020. Situasi itu kian memburuk setelah Lionel Messi ingin meninggalkan Barcelona. Belum lagi ditambah dengan kepergian Suarez ke Atletico Madrid yang seolah dipaksakan. Masalah-masalah itu jugalah yang membuat kepemimpinan Josep Maria Bartomeu di Barcelona semakin tercoreng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here