Empat Pemain Keturunan Belum Bisa Membela Timnas Indonesia di Piala AFF

0
331

Debatbola.com – PSSI terus bergerak dalam proses naturalisasi empat pemain keturunan yang diminta pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. Target proses naturalisasi ke empat pemain tersebut diharapkan dapat rampung pada bulan Januari tahun depan. Empat pemain yang sangat diinginkan oleh pelatih asal Korea Selatan merupakan pemain yang berkarier di luar negeri.

Tidak tanggung-tanggung nama beken seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Mees Hilgers, dan Kevin Dicks sedang dalam proses naturalisasi. Para pemain tersebut pun sudah sudah meyakini bahwa mereka ingin bermain bersama Timnas Indonesia karena memiliki garis keturunan. Dengan kehadiran dari keempat pemain tersebut diyakini Timnas akan bertambah kuat.

Merampungkan Proses Naturalisasi

Setelah merampungkan naturalisasi pemain belakang Elkan Baggot, PSSI terus berupaya untuk mengejar proses naturalisasi dari keempat pemain tersebut. Hal itu disampaikan langsung oleh anggota EXCO PSSI Hasani Abdulgani yang menjelaskan bahwa PPSI sedang memprosesnya. “Saya menargetkan proses naturalisasi mereka beres Januari atau Februari, ini kami lakukan untuk mengejar prestasi sepakbola Indonesia” Ucap Hasani.

Shin Tae-yong meyakini dengan kehadiran empat pemain tersebut akan membuat Timnas Indonesia menjadi semakin kuat, ditambah dengan pemain Indonesia lainnya. Namun, keempat pemain tersebut harus terlebih dahulu dinaturalisasi dan diambil sumpah setia terhadap Indonesia. Selain itu mereka juga berbeda dengan kasus dari Elkan Baggot sebelumnya.

Proses Naturalisasi di Indonesia sangat berbeda dengan proses naturalisasi di negara lain. Hal ini memerlukan proses yang memang cukup lama karena keempat pemain harus membuktikan secara administrasi terlebih dahulu setelah dokumen lengkap. Sebelum itu mereka juga harus membuat surat pernyataan terlebih dahulu.

Selain itu pemain juga harus mengikuti aturan FIFA yang memaksimalkan garis keturunan pemain hingga kakek atau nenek. Apabila melebihi batasan itu, pemain masih harus menunggu lama untuk bermain bersama Timnas Indonesia. Hal ini menjadi dasar belum terpanggilnya pemain Persib Marc Klok ke Timnas Indonesia karena melebihi aturan tersebut.

Profil Para Pemain Yang Akan Dinaturalisasi

Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia secara terbuka meminta empat pemain keturunan agar segera dinaturalisasi. Keempat pemain yang bermain di luar negeri itu mungkin sudah dalam pantauan pelatih asal Korea selatan tersebut. Tae-yong sangat yakin dengan potensi mereka sehingga membuat pelatih sekaliber dia meminta langsung ke PSSI.

Mungkin belum banyak yang mengetahui terkait profil dari keempat pemain tersebut. Berikut profil keempat pemain yang sedang dalam proses naturalisasi.

1. Jordi Amat
Pemain berusia 29 tahun ini merupakan pemain yang saat ini membela klub Belgia K.A.S Eupen. Pemain yang pernah berseragam Swansea City ini menjadi pemain favorit dari Tae-yong. Umurnya yang masih 29 tahun akan membuat pertahanan Indonesia semakin kuat.

2. Sandy Walsh
Pemain yang bermain di Liga Belgia K.V Mechelen ini sudah sangat lama ingin bermain di Timnas Indonesia. Bahkan dia selalu memposting mengenai Indonesia. Sandy Walsh bahkan sangat terang-terangan menyebutkan silsilah keluarganya. Dia bahkan menyebutkan darah Indonesianya ada dari keturunan kakek dan neneknya yang tinggal di Jakarta.

3. Mees Hilgers
Nama pemain tersebut menjadi sorotan warga Indonesia setelah masuk ke dalam proyeksi PSSI untuk dinaturalisasi. Bek muda FC Twente itu memiliki seorang ibu berasal dari Sulawesi. Pemain yang sudah empat kali mengunjungi Indonesia itu sangat bersemangat setelah mendapat tawaran dari PSSI untuk dapat membela Timnas.

4. Kevin Dicks
Kevin Dicks merupakan pemain berdarah Maluku yang pernah bermain untuk Fiorentina setelah menimba ilmu di Vitesse. Pemain yang membela FC Copenhagen ini menjadi pemain terakhir yang siap membela Timnas Indonesia. PSSI juga sudah melayangkan tawaran untuk pemain yang pernah bermain bersama Timnas muda Belanda ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here