Emil Audero Segera Jawab Tawaran Bela Timnas Indonesia

0
73

Debatbola.com – Spekulasi mengenai keputusan Emil Audero untuk membela Timnas Indonesia nampaknya akan segera terjawab. Baru-baru ini perwakilan dari PSSI sudah melempar tawaran resmi kepada sang pemain untuk dinaturalisasi demi membela skuad Garuda.

Adakan Pertemuan

Pada hari Rabu (2/3/2022) kemarin, Hasani Abdulgani selaku Anggota Komisi Eksekutif (Exco) PSSI mendapatkan mandat untuk terbang langsung ke Italia. Tujuannya adalah bertemu dengan penjaga gawang keturunan Indonesia yang kini berkarir bersama Sampdoria, Emil Audero. 

Namun dalam agenda pertemuan tersebut, Abdulgani hanya akan bertemu dengan agen dari sang pemain untuk membicarakan terkait tawaran untuk membela Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang.

Bak gayung bersambut, nampaknya pihak Emil Audero menyambut positif kedatangan salah satu perwakilan dari PSSI ini. Menurut penuturan dari Hasani Abdulgani, pihak dari Emil Audero masih membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam untuk membuat keputusan. Nantinya pihak sang pemain akan memutuskan apakah dia bersedia untuk dinaturalisasi atau tidak.

“Kolega kami di Italia sudah melakukan pertemuan dengan agen dari Emil [Audero]. Mereka meminta waktu sehari untuk memberikan jawaban, ikut atau tidak. Semoga saja Emil berkenan gabung bersama Timnas Indonesia,” papar Hasani melalui akun Instagram pribadinya, @hasaniabdulgani pada hari Kamis (3/3/2022) kemarin.

Calon Pemain Naturalisasi Keempat

Sebelumnya memang sempat tersiar kabar jika pelatih Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong meminta kepada PSSI untuk memasukkan empat pemain naturalisasi. Tujuannya utamanya tentu saja mendongkrak performa dari skuad Garuda di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang. 

Saat ini sudah ada tiga nama pemain yang bersedia di naturalisasi dan menjadi keluarga baru Timnas Indonesia. Ketiga pemain tersebut adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Kini nama keempat masih menjadi sebuah tanda tanya besar. 

Nampaknya Emil Audero akan menjadi pemain keempat yang akan masuk dalam daftar pemain naturalisasi pesanan dari Shin Tae-yong. Hal ini senada dengan yang sudah diungkapkan sang pelatih sendiri baru-baru ini.

“Memang benar, saya ingin Kiper Naturalisasi. Memang posisinya berbeda dari yang lain tetapi saya menginginkan hal yang seperti itu. Berbekal kemampuan sebagus itu dan jika dia [Emil Audero] datang ke Indonesia, mungkin dia bisa menyampaikan sesuatu yang baik untuk kiper-kiper di Indonesia,” tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut. “Namun, saya tidak bisa memastikan jika Audero bisa dinaturalisasi untuk Timnas Indonesia atau tidak,” sambungnya.

Sudah Bukan Kiper Utama Sampdoria

Nama Emil Audero sempat naik daun di kalangan pecinta sepak bola Indonesia berkat penampilannya bersama skuad utama Sampdoria. Sayangnya situasinya saat ini telah berubah. Emil Audero kini kehilangan posisinya sebagai penjaga gawang utama Sampdoria dalam enam laga terakhir di Liga Italia

Penjaga gawang berusia 25 tahun tersebut diketahui sudah kebobolan sebanyak 37 kali dari 20 laga selama musim 2021/2022 ini bergulir. Catatan buruk ini nampaknya membuat pelatih skuad I Blucerchiati –julukan Sampdoria- Marco Giampaolo merasa gerah.

Kini Sampdoria mempercayakan posisi penjaga gawang kepada Wladimiro Falcone dan sudah tampil sembilan kali dari sepuluh laga terakhir. Sialnya, Falcone mampu tampil bagus meski mengawali permainan dari bangku cadangan. 

Bahkan dia juga menyamai catatan yang dimiliki Emil Audero dengan melakukan tiga kali clean sheet. Hanya saja Falcone mampu mencatatkan rekor tersebut hanya dalam delapan laga. Sedangkan Emil mencatatkannya selama 20 laga. Situasi ini memungkinkan Emil Audero kian tergeser dari posisi penjaga gawang utama Sampdoria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here