Emil Audero Bisa Jadi Penjaga Gawang Termahal di Asia, Jika Bersedia Dinaturalisasi

0
63

Debatbola.com – Dalam beberapa waktu terakhir ini nama Emil Audero tengah menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air. Sebab kiper Sampdoria tersebut masuk dalam kandidat pemain yang akan dinaturalisasi.

Calon Pemain Naturalisasi

Pemilihan nama Emil Audero ternyata secara khusus berasal dari permintaan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pengalamannya di kompetisi bergengsi level Eropa diharapkan mampu menjadi contoh baik untuk para pemain Timnas Indonesia. Selain itu kontribusinya diharapkan bisa memperkuat area di bawah mistar gawang dari skuad Garuda.

Emil Audero memang pemain berdarah indonesia yang diturunkan dari ayahnya. Ayah Emil berasal dari Nusa Tenggara Barat. Sedangkan ibunya berasal dari Italia. Saat ini sang pemain mengikuti kewarganegaraan dari sang ibu. Namun pihak PSSI tengah berjuang untuk membujuk sang penjaga gawang untuk merubah status kewarganegaraannya menjadi Indonesia.

Pihak Emil Audero dikabarkan meminta waktu sepekan untuk memutuskan hal tersebut. Jika bersedia dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia, Emil dipastikan akan menjadi penjaga gawang termahal di Asia. 

Menurut data dari Transfermarkt, pemain berusia 25 tahun ini ditaksir memiliki nilai pasar 12 juta Euro. Nilai tersebut hampir setara dengan Rp190,3 miliar. Angka ini juga jauh di atas kiper termahal Asia saat ini, Mathew Ryan yang berasal dari Australia dengan nilai pasar di angka 5 juta Euro saja.

Alasan Shin Tae-yong Pilih Emil Audero

Pada skuad Timnas Indonesia kali ini sebenarnya stok penjaga gawang cukup banyak. Namun pelatih asal Korea Selatan tersebut di atas tetap bersikukuh memilih Emil Audero sebagai pemain naturalisasi keempat. Alasan utamanya tentu saja untuk menaikkan daya juang dari skuad Garuda untuk menyambut Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang.

Sebelumnya Timnas Indonesia diketahui sudah mendatangkan tiga pemain naturalisasi di berbagai sektor bermain. Rencananya Emil Audero akan menjadi pemain keempat alis terakhir yang akan dinaturalisasi dan merapat ke Timnas Indonesia.

“Benar, saya ingin menaturalisasi kiper. Posisinya memang berbeda dari yang lain tetapi saya menginginkan hal seperti itu. Dengan kemampuan sebagus itu dan jika dia jadi datang ke Indonesia, mungkin dia bisa berbagi ilmu untuk kiper-kiper di Indonesia,” ungkap Shin Tae-yong beberapa waktu lalu.

Peluang Emil Audero Dinaturalisasi

Pada tengah pekan kemarin, perwakilan dari PSSI sudah menghubungi agen dari Emil Audero. Hasilnya cukup positif karena pihak Emil Audero menyambut tawaran untuk naturalisasi ini dengan baik. 

Sebenarnya pemain bernama lengkap Emil Audero Mulyadi ini memiliki minat untuk membela Timnas Indonesia. Hal ini berbanding terbalik dengan ungkapan dari ayah sang pemain yang menyebutkan kalau Emil tidak ingin membela Timnas Indonesia.

Perlahan tapi pasti Emil Audero kini nampak kian dekat untuk berubah menjadi warga negara Indonesia. Memang dari pihak keluarga sempat memunculkan penolakan jika Emil Audero berubah kewarganegaraan menjadi Indonesia. Setiap orang tua pasti menginginkan hal terbaik untuk anaknya. Ayah Emil berpendapat jika karir anaknya lebih baik di Italia daripada membela Timnas Indonesia.

Namun Hasani Abdulgani selaku perwakilan dari PSSI yang mengurus proses Emil Audero melontarkan kabar bahagia. Menurutnya sang pemain bersama agennya bersikap profesional. Bahkan sang agen ikut membujuk sang pemain untuk menerima tawaran dari PSSI dan bergabung dengan Timnas Indonesia. Namun sejauh ini pihak PSSI masih berharap cemas menunggu jawaban dari pihak Emil Audero sendiri.

Sebagai langkah alternatif, PSSI tidak hanya memburu jasa Emil Audero saja untuk menjadi pemain naturalisasi keempat. Kabarnya mereka juga tengah mendekati Jordy Wehrmann yang kini tengah merumput di Liga Super Swiss bersama klub Luzern sebagai seorang gelandang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here