Emerson Royal Datang, Ke Mana Sergi Roberto?

0
118

Debatbola.com – Barcelona sedang memantapkan skuat mereka menjelang musim kompetisi baru dimulai. Ronald Koeman, pelatih asal Belanda yang menukangi klub pada musim lalu kembali dipercaya menjalani satu musim lagi.

Musim lalu klub yang berjuluk El Barca ini hanya mampu meraih satu trofi yaitu trofi Copa Del Rey. Dimana di partai final, Lionel Messi dan kawan-kawan menyudahi gelaran tersebut dengan kemenangan besar atas Athletic Bilbao.

Kini menjelang musim baru, Barcelona dibawah pimpinan pelatih Ronald Koeman ingin berbenah dan membuat persaingan di La Liga. Gelar domestik Spanyol tersebut ingin direbut dari Atletico Madrid. Kemudian di kancah Eropa, yang mana klub ini sudah enam musim gagal terus meraih juara Liga Champions.

Perbaikan Di Sektor Bek Sayap

Sebenarnya tidak ada yang berubah dari skuat utama Barcelona. Jordi Alba dan Sergino Dest tetap menjadi andalan pelatih asal Belanda tersebut di sektor bek sayap kiri dan kanan. Dimana keduanya akan menjadi pemain kunci di musim depan.

Namun perubahan justru terjadi di sektor pemain cadangan, dengan Barcelona mempromosikan pemain mudanya, Alejandro Balde. Sebelumnya bek kiri cadangan, Junior Firpo telah dijual oleh manajemen klub ke Leeds United.

Klub yang berjuluk El Barca ini mendapatkan 15 juta Euro dari hasil penjualan pemain asal Spanyol keturunan Republik Dominika tersebut. Junior Firpo yang digadang-gadang bisa bersinar justru tidak bisa menunjukkan persaingan.

Ronald Koeman pun jarang memainkannya dan ketika bursa transfer terbuka, manajemen klub sudah sangat berniat untuk melegonya. Maka sebagai gantinya, klub mempromosikan pemain muda yang baru berusia 17 tahun.

Menariknya Alejandro Balde juga mempunyai kewarganegaraan dan garis keturunan yang sama dengan Junior Firpo. Dimana keduanya sama-sama berkebangsaan Spanyol tetapi memiliki darah Republik Dominika dari orangtuanya.

Pemain muda lulusan akademi La Masia itu musim lalu bermain bagi tim junior dan mendapatkan jatah bermain sebanyak 16 kali. Dirinya pun menyumbangkan satu assist bagi gol tunggal yang diciptakan oleh Mika Marmol ke gawang Lleida Esportiu.

Sementara itu di sisi lainnya yakni bek sayap kanan, manajemen klub memboyong nama baru, Emerson Royal. Dimana, pemain asal Brasil ini sebenarnya merupakan rekrutan El Barca pada Januari 2019 lalu dari Atletico Mineiro.

Namun dewan klub memutuskan untuk menjualnya ke Real Betis sebulan berikutnya. Hingga musim lalu, sang bek kanan selalu berseragam Real Betis dan pada bursa transfer ini Barcelona pun memboyongnya kembali.

Emerson Royal berpotensi kuat menjadi cadangan bagi Sergino Dest di sektor pertahanan kanan. Akan tetapi jika pemain yang dipanggil timnas Brasil pada gelaran Copa America ini bisa bersaing maka posisi utama bisa menjadi miliknya.

Emerson Royal Masuk, Sergi Roberto?

Dengan masuknya Emerson Royal dalam skuat Ronald Koeman maka menimbulkan pertanyaan baru, bagaimana dengan Sergi Roberto? Dimana pada musim lalu sebelum cedera, pemain serba bisa tersebut menjadi cadangan bagi Sergino Dest di sektor bek sayap kanan.

Menumpuknya sejumlah pemain di sektor tersebut bakal mengembalikan posisi Sergi Roberto kembali menjadi gelandang tengah. Dirinya pun bisa menjadi pelapis Frenkie De Jong atau Pedri yang menjadi andalan pelatih. Sang pemain itu juga bisa menjadi pengganti Miralem Pjanic yang bakalan hengkang.

Sebelumnya Sergi Roberto juga hendak dijual Barcelona namun hingga sekarang belum ada berita resmi mengenai tawaran dari klub lain. Usianya yang sudah tidak muda lagi dan kontribusinya yang kurang menjadikan dirinya kurang dilirik klub lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here