Eks Asisten Ralf Rangnick, Jesse Marsch Jadi Pelatih Baru Leeds United

0
77

Debatbola.com – Tidak butuh waktu lama, Leeds United akhirnya menemukan pelatih barunya di tengah kompetisi berjalan. Selasa (1/3/2022) dini hari tadi, manajemen The Whites menunjuk Jesse Marsch untuk menggantikan tugas pelatih yang lama, Marcelo Bielsa.

Lengserkan Marcelo Bielsa

Nama Marcelo Bielsa mungkin sangat berarti bagi selusuh keluarga besar Leeds United. Sebab pelatih asal Argentina ini menjadi sosok terpenting dari kembalinya Leeds United ke kasta utama Liga Inggris. Jasanya memang besar dengan membawa tim ini promosi dan mencatatkan penampilan yang positif di awal musim. Untuk itu jasanya memang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Meski demikian, dalam beberapa laga terakhir tren pertandingan yang dimiliki tim berjuluk The Whites ini cukup mengecewakan. Marcelo Bielsa seakan kehilangan magisnya dan mengakibatkan Kalvin Phillips dan kolega hanya mampu mengukir satu poin dari enam laga terakhir di Liga Inggris musim ini. Bahkan ada hal yang lebih disayangkan, tim ini kalah dengan skor yang mencolok dan sudah mengalami kebobolan sebanyak 14 kali.

Sebagai contoh ketika Leeds United mengalami kekalahan 4:0 ketika bertemu dengan Tottenham Hotspur. Kekalahan ini bahkan hanya berselang hari ketika Leeds United tumbang dari Liverpool dengan kekalahan sebanyak 6:0 tanpa balas. Para petinggi Leeds United akhirnya kehabisan kesabaran dengan situasi yang dialami tim mereka. Tanpa pikir panjang, akhirnya surat pemecatan Marcelo Bielsa akhirnya keluar.

Jesse Marsch Gantikan Marcelo Bielsa

Mengingat Leeds United akan menyambut laga selanjutnya di akhir musim ini, maka manajemen berpacu dengan waktu untuk segera menemukan pelatih baru. Memang di saat seperti ini jarang ada pelatih yang tersedia. Terlebih lagi harus melatih sebuah tim di tengah kompetisi berjalan. Namun pada Selasa dini hari kemarin, Leeds United akhirnya menemukan pelatih barunya. Mereka menunjuk Jesse Marsch sebagai juru racik serangan yang baru.

“Kami dengan gembira menyambut kedatangan Jesse [Marsch] di klub ini dan senang dia akan membawa kami ke babak yang baru ini,” buka Victor Orta selaku Direktur Olahraga Leeds United.

“Jesse adalah sosok yang sudah kami pantau performanya sejak beberapa tahun yang lalu selama masih menukangi RB Salzburg, dan kami mempercayai filosofi dan gaya sepak bolanya sejalan dengan klub ini, dan ini akan cocok untuk para pemain,” sambungnya.

“Kami memiliki sebuah rencana jangka panjang dan yakin dia akan membawa Leeds United ke level berikutnya dan senang menantikan apa yang akan terjadi di masa depan,” pungkasnya.

Sepak Terjang Jesse Marsch

Nama Jesse Marsch dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini mulai dikenal sebagai salah satu pelatih yang disegani di Eropa. Pria berusia 48 tahun ini lahir di Racine, Wisconsin, Amerika pada 8 November 1973 silam. Karir kepelatihannya dimulai ketika dirinya menjadi nahkoda dari Timnas Amerika Serikat. Satu musim setelahnya, pelatih ini dipercaya untuk menukangi tim di liga MLS, Montreal Impact.

Untuk karirnya di Eropa bermula ketika Jesse Marsch dipanggil untuk menjadi asisten Ralf Rangnick di RB Leipzig pada tahun 2018 lalu. Setahun berikutnya, Jesse akhirnya mendapatkan kesempatan menjadi pelatih utama di Salzburg. Karirnya memang selalu berjodoh dengan kedua tim ini. 

Sampai pada akhirnya di tahun 2021 kemarin, dia mendapatkan kesempatan untuk menjadi nahkoda utama RB Leipzig menggantikan Julian Nagelsmann yang pindah ke Bayern Munchen. Namun karir Jesse Marsch bersama skuad Die Roten Bullen hanya bertahan hingga bulan Desember 2021 kemarin. 

Dengan melatih Leeds United, Jesse Marsch harus bisa membawa timnya sekarang untuk menjauh dari zona degradasi. Di pekan terbaru, Leeds United menduduki peringkat ke-16 dengan koleksi 23 poin. Jumlah poin ini hanya unggul dua angka saja dari penghuni zona degradasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here