Egy Maulana Vikri Gabung Klub Slovakia FC Vion Zlate Moravce

0

Debatbola.com – Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri resmi merumput bersama klub kasta teratas Liga Slovakia, FC Vion Zlate Moravce. Pria asal Medan tersebut mulai diperkenalkan publik pada Senin, (8/8), melalui akun Instagram resmi klub. Hal ini mempertegas kabar Egy yang tetap bermain di Eropa.

Sebelumnya, Egy memiliki kontrak dengan FK Senica hingga pertengahan Mei 2023. Namun, ia memutuskan kontrak lebih cepat dengan alasan internal. Tentu kabar direkrutnya Egy dengan FC Vion Zlate Moravce membuat penggemar sepak bola nasional semakin bahagia karena dirinya tetap berkarier di Eropa.

Komentar Egy Maulana Vikri

Setelah resmi direkrut oleh FC Vion Zlate Moravce, Egy sangat optimis dapat memberikan kemampuan terbaiknya bersama klub asal Slovakia ini. Egy Maulana Vikri resmi diperkenalkan oleh klub Liga Slovakia ini melalui akun instagram resmi klub. Ia bergabung usai memutuskan kontrak bersama FK Senica.

“Halo penggemar FC Vion, saya siap bermain bersama klub, sampai bertemu di lapangan,” kata Egy.

Tugas berat langsung dipikul oleh mantan pemain Persab Brebes dan Lechia Gdansk ini. Sebab, saat ini, FC Vion Zlate Moravce menempati posisi paling bawah klasemen sementara Liga Slovakia. Mereka hanya meraih dua poin dari hasil dua kekalahan dan dua imbang. Egy juga mengakui sudah tidak sabar membela klub barunya.

Profil FC Vion Zlate Moravce

FC Vion Zlate Moravce adalah salah satu klub asal Zlate Moravce, sebuah kota yang terletak 32 kilometer dari Bratislava, yang berkompetisi di kasta teratas Liga Slovakia. Klub ini dibentuk pertama kali pada 22 Januari 1995.

Klub yang bermarkas di Vion Arena ini memiliki kiprah yang tak main-main. Mereka pernah meraih Piala Slovakia pada musim 2006/2007. Selain itu, FC Vion Zlate Moravce juga pernah menjadi juara pada 2009/2010. Di level Eropa, mereka pernah mengikuti kualifikasi pertama UEFA Cup 2007/2008.

Pada 19 Juli 2007, Zlate Moravce memainkan laga pertama mereka di kompetisi Eropa saat menghadapi Alma-Ata di kandang sendiri dengan kemenangan 3-1. Beberapa hari berselang, mereka kembali bermain ketika imbang dengan Almaty 1-1, hal itu membuat FC Zlate Moravce melaju ke babak kualifikasi kedua.

Bukan Pemain ASEAN Pertama

Kedatangan Egy Maulana Vikri ke FC Vion Zlate Moravce merupakan pemain pertama asal Indonesia yang berseragam klub yang bermarkas di Vion Arena ini. Namun, pengalaman Egy bermain di Liga Slovakia adalah kali kedua setelah musim lalu membela FK Senica, meski akhirnya karier bersama klub lamanya harus berakhir lebih cepat.

Meski sebagai pemain pertama asal Indonesia yang bergabung dengan FC Vion Zlate Moravce, Egy bukanlah pemain pertama asal Asia Tenggara yang berlabuh. Jauh sebelumnya sudah ada tiga pemain asal Malaysia yang merumput bersama klub ini. Mereka adalah Mohammad Irfan Fazail, Wan Zack Haikal, dan Fadhli Shas.

Sosok Jan Kocian Sebagai Pelatih

Jan Kocian merupakan sosok yang tidak asing bagi FC Vion Zlate Moravce. Ia adalah pelatih yang menangani klub ini. Pria kelahiran 13 Maret 1958 ini mantan pesepakbola yang sempat bermain bersama klub Bundesliga, FC St. Pauli pada 1988 hingga 1993. Kocian juga mantan pemain Cekoslovakia era 1984 sampai 1992 dengan 26 penampilan.

Karier kepelatihan Kocian dimulai ketika menjadi pelatih Petra Drnovice, sebelum hijrah ke klub asal Jerman, Rot-Weib Erfurt dan Sportfreunde Siegen. Kocian juga pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Slovakia pada 2 November 2006, serta Timnas Yaman pada 25 Oktober 2018.

Sosok Kocian diharapkan akan menjadi sosok protagonis untuk karier Egy Maulana Vikri di FC Vion Zlate Moravce. Sebab, karier Egy sangat diharapkan akan bersinar seperti bersama klub terdahulunya, FK Senica.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version