Efek Jeda Internasional, Beberapa Pemain Liga 1 Terkena Covid-19

0
86

Debatbola.com – Selama Liga 1 seri Bali ini sudah 4 klub yang dilaporkan terkena kasus Covid-19. Klub pertama yang terkena kasus ini adalah Arema Malang. 

Setidaknya ada 5 pemain Arema yang terkena Covid-19. Selanjutnya ada pula Riko Simanjuntak dan Adam Mitter, masing-masing merupakan pemain Persija dan PSM Makassar. Disusul dengan kabar berita mengenai sembilan pemain Persib Bandung yang terpapar virus Covid-19.

Persib Bandung menjadi sorotan utama lantaran kabar tersebut diketahui beberapa jam menjelang pertandingan melawan Persikabo. Sebelumnya, Komisaris Persib, Umuh Muchtar mengingatkan kepada setiap pemain agar menaati protokol kesehatan. Hal itu diungkapkan ketika Persib Bandung sebelum meliburkan para pemain selama 3 hari.

Efek Jeda Internasional

Seperti yang kita ketahui, pada tanggal 24 Januari hingga 2 Februari 2022 merupakan waktu Jeda internasional. Pada masa ini beberapa kompetisi seperti liga diliburkan, salah satunya Liga 1. Indonesia sendiri sudah memiliki agenda untuk melakoni laga Internasional melawan Timor Leste.

Ketika libur jeda internasional ini para klub diberi kebebasan sesuai kebijakan masing-masing. Saat klub memberikan kebijakan pada pemainnya untuk liburan, resiko yang dihadapi yaitu para pemain memanfaatkan untuk pergi berwisata, terlebih seri kali ini bertempat di Bali. Selanjutnya ketika para pemain melakukan kegiatan diluar agenda klub, seluruh kegiatannya tidak dapat terpantau sepenuhnya sehingga kemungkinan untuk terpapar Covid-19 sangat besar.

Hal ini dikeluhkan oleh Akhmad Hadian Lukita yang merupakan Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru, menurutnya refreshing time yang dilakukan oleh beberapa klub membuat pantauan terhadap kegiatan para pemain di luar lapangan menjadi terbatas.

Mengisi Liburan Dengan Berwisata

Melihat dari akun media sosial para pemain bola, beberapa pemain terlihat memposting kegiatan waktu libur di luar kegiatan klub seperti tamasya. Seperti halnya Carlos Fortes yang mengunggah fotonya sedang berlibur bersama keluarga di salah satu destinasi wisata di Pulau Dewata. Adapun Adilson Maringa juga memposting dirinya sedang berada di salah satu Club ternama.

Lain halnya dengan Marc Klok yang memanfaatkan waktu liburnya untuk bertemu kawannya dulu di PSM Makassar, Guy Junior dan Aaron Evans. Pada postingan di akun media sosialnya, dia sedang menikmati liburan di pesawat pribadi bersama Evans dan teman-temannya.

Beberapa klub memang memberikan keleluasaan kepada para pemain untuk berlibur ketika jeda kompetisi lalu. Hal ini dibenarkan oleh pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. Tuturnya waktu yang diberikan tersebut sejatinya dimanfaatkan oleh para pemain untuk pulang ke Bandung guna bertemu dengan Keluarga.

Peraturan Bubble Perlu Diperketat

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 ketika kompetisi berlangsung, PT. LIB telah menerapkan sistem bubble. Sistem ini memiliki peraturan yang cukup ketat dimana para pemain serta seluruh pihak yang terkait dengan Liga 1 Indonesia hanya diperbolehkan mengunjungi penginapan, stadion dan tempat latihan saja.

Akan tetapi pada seri empat ini terdapat jeda Internasional yang menyebabkan para panitia maupun klub kecolongan. Terlebih pada seri ini dilangsungkan di Pulau Bali dengan memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Melihat banyaknya pemain yang terpapar virus Covid-19 alangkah baiknya jika sistem bubble ini dikaji ulang dan lebih diperketat.

Klub Perketat Protokol Kesehatan

PT Liga Indonesia Baru langsung bertindak cepat atas menyebarnya virus Covid-19. Direktur Utama PT. LIB, Hadian Lukita mengatakan jika pihaknya telah melayangkan surat ke para peserta Liga 1. Isi surat tersebut terkait memperketat protokol kesehatan, menyusul Covid-19 yang menimpa sejumlah klub di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here