Duetkan Mateo Retegui Dan Gianluca Scamacca, Timnas Italia Gunakan Formasi 3-5-2

0
32

Debatbola.com – Timnas Italia telah mantap untuk menggunakan formasi tiga bek bertahan di lini belakang dalam ajang Euro 2024. Namun, juru latih timnas Italia, yaitu Luciano Spalletti tampak masih mengubah-ubah formasi pemain di wilayah depan, termasuk dalam mengakomodasi kombinasi Mateo Retegui dan Gianluca Scamacca.

Sebelumnya, Italia bermain menggunakan formasi 3-4-2-1 dalam pertandingan uji coba yang terakhir sebelum berlangsungnya ajang Euro 2024 kontra Bosnia. Kemudian saat mengahdapi Turki, Spalletti menggunakan formasi berbeda yakni 4-2-3-1 di awal pertandingan. Spalletti tampak menggunakan dua formasi yang berbeda sebagai bagian dari rencana untuk mencari komposisi pemain terbaik dalam mengarungi kompetisi Euro 2024.

Luciano Spalletti diketahui telah merasa yakin bahwa komposisi pemain di lini belakang telah berada dalam kondisi yang mantap. Alesandro Bastoni akan dipercaya menjadi sosok pengganti dari Francesco Acerbi yang harus absen akibat mengalami cedera. Spalletti sangat peercaya bahwa Bastoni memiliki kualitas permainan yang tidak kalah baik.

“Bastoni juga berpotensi untuk menjadi pemimpin. Selain itu, ada juga pemain lainnya seperti Calafiori dan Buongiorno yang memiliki potensi sebagai pemain yang berada dalam level teratas,” ucap Spalletti.

Italia telah tampil dalam formasi empat bek ketika memainkan laga uji coba saat menghadapi Turki. Tetapi, Spalletti mengaku bahwa skema permainan ini tidak akan digunakan timnas Italia saat bertanding di laga Euro 2024 nanti.

“Kita dapat memutuskan untuk tampil dalam formasi tiga bek, namun tiga bek juga dapat bermain menyerang,” tegasnya.

Idealnya, timnas Italia akan tampil menggunakan formasi 3-4-2-1. Davide Frattesi dan Federico Chiesa akan dipercaya bermain di posisi gelandang serang. Di sisi lain, Spalletti juga dapat menggunakan opsi lainnya dengan memainkan dua penyerang sekaligus dan menghapus peran dari gelandang serang. Opsi dua penyerang tengah menjadi pilihan sebab dalam skuad sekarang, ia memiliki dua penyerang tengah potensial dalam diri Mateo Retegui dan Gianluca Scamacca.

“Saya katakan kita perlu mempertimbangkan opsi untuk bermain menggunakan dua penyerang, sebab Retegui dan Scamacca sangat kuat, ada juga Raspadori yang dapat hadir dari bangku cadangan,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here