Dubravka Bikin Blunder, Spanyol Makin Moncer

0
29
Dubravka Bikin Blunder, Spanyol Makin Moncer

Debatbola.com – Timnas Spanyol akhirnya dinyatakan lolos ke babak 16 besar kompetisi Euro 2020. Penampilan tim Matador dalam laga pamungkas di Rabu, 23 Juni 2021 malam kemarin berhasil membuktikan mereka memang layak menjadi salah satu tim favorit. Skuad asuhan pelatih Luis Enrique ini akhirnya sukses lolos dari situasi genting karena kemenangan di matchday terakhir.

Menghadapi Slovakia di laga pamungkas Grup E malam kemarin, timnas Spanyol sukses menang dengan skor akhir 5-0. Spanyol juga menjadi timnas favorit untuk meraih gelar juara di pentas Euro 2020 ini. Sempat memilih jalan sulit dengan dua kali ditahan imbang Swedia dan Polandia, akhirnya pasukan Luis Enrique berhasil melaju ke babak 16 besar malam kemarin.

Keberhasilan Spanyol di laga pamungkas menghadapi Slovakia bukan tanpa alasan. La Furia Roja sukses mendapatkan tiket 16 besar dengan terlebih dulu melakukan perjuangan keras. Sebelumnya, mereka tampil impresif dan menekan di menit awal pertandingan dimulai. Spanyol yang sudah mengoleksi tiga gelar Piala Eropa tersebut mencoba mengembangkan permainan mereka.

Kembalinya Busquets

Pada pertandingan yang berlangsung Rabu (23/6) malam di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol diperkuat sang kapten tim, Sergio Busquets. Kembalinya sang kapten karena sudah sembuh dari covid -19 itu pun akhirnya membuat gaya bermain Spanyol semakin moncer di babak pertama hingga usai. Aliran bola Spanyol pun semakin cepat.

Banyak peluang tercipta dengan strategi oper bola yang dilakukan Busquets. Namun, sayangnya sang kapten tim belum berhasil mencetak gol pada laga ini. Hanya saja, diantara dua gol yang berhasil dilesakkan Spanyol sang kapten turut membantu mengolah serangan.

Mendominasi permainan ketika menghadapi Slovakia, Sergio Busquets berhasil menunjukkan kualitasnya. Sang pemain juga bisa membantu Alvaro Morata dan kawan-kawan untuk bisa memanfaatkan peluang demi peluang dengan lebih maksimal. Kendati demikian, mereka masih kesulitan mencetak gol saat itu.

Blunder Dubravka, Spanyol Menggila

Situasi yang tak menguntungkan dialami Slovakia ketika sang kiper Martin Dubravka justru melakukan blunder. Menit ke-30 justru menjadi kenyataan pahit bagi Dubravka karena dirinya membuat blunder yang berujung gol bunuh diri. Gol bunuh diri tersebut terjadi setelah sang kiper melakukan blunder dengan maksud menghalau bola pantul tendangan dari Pablo Sarabia.

Performa gemilang Martin Dubravka yang terjadi setelah berhasil menghalau penalti Morata pun membuat skor berubah 1-0 di pertandingan awal. Penampilan Spanyol kian menggila mengetahui mereka berhasil unggul satu angka sementara ini. Kesalahan fatal dari Martin Dubravka tersebut membuat Spanyol bisa bermain lebih tenang dan menyusun rencana baru untuk menit berikutnya.

Peluang kembali tercipta bagi skuad asuhan Luis Enrique. Gol tambahan berhasil dilesakkan saat babak pertama akan usai. Aymeric Laporte berhasil menyundul keras bola dan bersarang di gawang Slovakia. Skor berubah menjadi 2-0 hingga turun minum.

Spanyol tampil seolah tanpa beban setelah istirahat babak pertama. Tim Matador pun mulai menunjukkan kualitasnya dengan tetap memperhatikan potensi para pemain mereka. Gol selanjutnya tercipta dari kaki Pablo Sarabia yang memanfaatkan umpan Jordi Alba. Selain itu, ada Ferran Torres yang akhirnya juga bisa menyematkan gol ke gawang lawan.

Pesta gol Timnas Spanyol akhirnya disempurnakan oleh gol bunuh diri pemain Slovakia, Juraj Kucka. Sang pemain sempat menghalau tendangan Pau Torres. Namun, sayangnya justru masuk ke gawang sendiri. Pertandingan ini akhirnya ditutup dengan kemenangan Spanyol 5-0 atas Slovakia dan memastikan diri anak asuh Luis Enrique untuk ke babak 16 besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here