Dua Target Marc Klok di Piala Menpora 2021 Tercapai

0
333

Debatbola.com – Piala Menpora 2021 sejatinya hanya ajang persiapan Liga 1 2021. Turnamen ini digelar sebagai uji coba untuk protokol kesehatan dan keamanan agar di liga nanti benar-benar siap dan tak muncul klaster baru Covid-19.

Tapi bagi gelandang Persija, Mark Klok, Piala Menpora 2021 merupakan turnamen yang sangat ingin ia menangi. Bahkan sebelum digelar, gelandang naturalisasi ini sudah punya dua target di Piala Menpora 2021 membawa Persija juara dan meraih gelar individu.

Dan tanpa disangka, dua target itu berhasil diwujudkan oleh Klok. Persija berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persib di partai final dengan agregat 4-1. Selain itu, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen.

“Sebelum turnamen ini saya memang mengincar dua gelar. Yang satu untuk tim dan yang satu untuk saya pribadi. Tentunya saya sangat senang dengan gelar ini apalagi ini luar biasa karena hampir satu tahun tidak ada sepak bola,” kata Klok.

Untuk menjadi pemain terbaik, Klok mengalahkan Frets Butuan (Persib) dan Hilman Syah (PSM). Meski hanya mencetak satu gol dan dua assist, peran pemain kelahiran Belanda ini di lini tengah Persija dinilai Technical Study Group (TSG) Piala Menpora 2021 sebagai sumber utama kekuatan Persija. Terlebih ia mencatatkan 300 operan pada Piala Menpora ini, unggul dari Victor Igbonefo (282) sebagai yang terbanyak di kompetisi.

Klok datang ke Persija pada awal musim Liga 1 2020, namun gagal tampil penuh dalam satu musim karena liga dihentikan ketika baru berjalan tiga pertandingan akibat merebaknya virus corona. Sebelumnya ia memperkuat PSM selama dua musim.

Di Piala Menpora 2021 ini sebenarnya ia perlu adaptasi dengan skema baru yang diterapkan oleh Sudirman. Sebelumnya ia bermain dalam pola tiga gelandang bersama Evan Dimas dan Rohit Chand. Evan telah hengkang, Sudirman memilih Braif Fatari sebagai gelandang serang dan Klok bermain lebih defensif.

Perubahan itu tak membuat Marc Klok tampil tak maksimal. Sebaliknya, ia tetap mampu mengatur dan mengomandoi lini tengah Persija. Hal itu tak lepas dari target yang lain yakni untuk bermain di Timnas Indonesia.

“Tentunya saya juga ingin bisa membela Timnas Indonesia. Jika ini terwujud saya akan senang,” pungkasnya.

Target itu pun berhasil diwujudkannya. PSSI telah mengumumkan daftar pemain yang dipanggil timnas untuk melakukan pemusatan latihan jelang Pra-Piala Dunia. Ada nama Mark Klok dalam daftarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here