Dua Punggawa Persipura Jayapura Hengkang, Kenapa?

0
313
Dua Punggawa Persipura Jayapura Hengkang, Kenapa

Debatbola.com – Persipura Jayapura diterpa kabar buruk di tengah persiapan mereka menjelang bergulirnya Liga 1. Pasalnya dua pemain legenda, Boaz Solossa dan Yustinus Pae telah resmi dicopot dari klub oleh manajemen.

Perjalanan Karir Boaz Solossa

Boaz Solossa mengawali karirnya sebagai pesepakbola dari klub kota kelahirannya, Persiss Sorong pada tahun 1998. Selanjutnya mantan kapten timnas Indonesia ini melanjutkan karirnya dan terpilih menjadi pemain PON Papua 2003.

Berkat kelihaiannya dan insting golnya yang sangat tajam, dirinya pun dipanggil oleh mantan pelatih timnas, Peter White. Penyerang kelahiran kota Sorong itu menjadi pemain yang paling muda dengan usianya yang baru 18 tahun.

Debutnya bersama skuat Garuda dilaksanakannya pada Maret 2004 silam melawan Turkmenistan. Sayang timnas Indonesia tak mampu berbicara banyak pada gelaran World Cup Qualification tersebut dengan skor akhir 3-1.

Hingga kini sang striker tersebut telah mengantongi total 48 caps bersama timnas Indonesia. Bukan hanya itu saja, total torehan 13 gol telah diciptakannya. Tidak bisa dilupakan golnya ke gawang Uruguay dalam laga uji coba pada tahun 2010 lalu.

Pemain yang akrab disapa Kaka Bochi itu sukses menjaringkan bola dan membuat timnas unggul sementara 1-0. Padahal timnas Uruguay kala itu baru saja menyelesaikan Piala Dunia 2010 dengan menjadi juara keempat.

Karir bersama Persipura Jayapura dimulainya pada tahun 2002 dimana sang pemain bermain untuk tim junior. Striker yang akrab dengan nomor punggung 86 ini mulai dipromosikan ke tim utama pada musim 2004/2005.

Namanya kemudian semakin lama semakin melejit. Pada musim 2008/2009 dirinya berhak mendapatkan penghargaan individu sebagai pencetak gol terbanyak Indonesia Super League. Total 28 gol sukses diciptakannya.

Selepas itu dirinya telah dua kali kembali terpilih sebagai pencetak gol terbanyak liga. Musim 2010/2011 dan 2012/2013 menjadi musim-musim terbaiknya selama menjadi pesepakbola. Berbicara mengenai gelar tim, dirinya telah empat kali juara liga yakni pada tahun 2005, 2009, 2011 dan 2013.

Karir Yustinus Pae

Pemain senior kedua yang dicopot manajemen tim Persipura adalah bek kanan berusia 38 tahun, Yustinus Pae. Legenda hidup Mutiara Hitam ini memulai karirnya sebagai pemain bola dari tim junior Persipura Jayapura sejak tahun 1995.

Pemain yang akrab disapa Tipa ini sudah menghabiskan sebagian besar karirnya di Persipura Jayapura. Hingga diputus kontraknya beberapa hari yang lalu, belum pernah sekalipun sang pemain membela klub lain.

Bersama Boaz Solossa, bek sayap kelahiran Jayapura ini sudah empat kali meraih gelar liga domestik bersama Persipura Jayapura. Dirinya juga didaulat menjadi wakil kapten dimana Boaz Solossa adalah kapten utama.

Bersama timnas Indonesia, Tipa mempunyai catatan enam kali membela skuat Garuda. Debut pertamanya dimainkan pada 2013 silam dalam pertandingan friendly match melawan negara tetangga, Filipina.

Pertandingan terakhirnya dimainkan pada turnamen World Cup Qualification saat berjumpa Thailand pada 2019 silam. Dimana dirinya bermain dengan waktu penuh dengan dipasang sebagai bek sayap kanan.

Alasan Dicopot Dari Persipura Jayapura

Berbicara mengenai alasan pemecatan kedua legenda hidup Persipura Jayapura ini perwakilan tim telah memberitahukan alasannya. Dikabarkan alasan indisipliner menjadi alasan utama Boaz Solossa dan Yustinus Pae diputus kontrak.

Sang pelatih, Jacksen Ferreira Tiago yang dimintai keterangan menjelaskan bahwa dirinya tidak mau menjelaskan mengenai perbuatan indisipliner tersebut. Juru taktik asal Brasil itu malah memberikan saran agar langsung bertanya kepada kedua pemain.

Jacksen Ferreira Tiago juga masih belum mengetahui tentang pengganti yang cocok bagi Boaz Solossa. Dirinya menyebutkan bahwa tak ada pemain yang bisa menggantikan peran Boaz di Persipura Jayapura. Mengenai perubahan pemain, sang pelatih mengindikasikan bahwa tak ada perubahan yang berarti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here