Dua Klub Myanmar Mundur, Persipura Langsung Berlaga di Babak Grup AFC Cup 2021

0
293

Debatbola.com – Tak seperti klub-klub Indonesia lain yang berlaga di Piala Menpora 2021, klub Liga 1 asal Papua, Persipura, memilih fokus persiapan mandiri jelang AFC Cup 2021. Persipura pun telah mengumpulkan pemain dan melakukan pemusatan latihan sejak Sabtu (24/4) di Surabaya.

Persipura sendiri awalnya dijadwalkan akan menjalani partai play-off pada pertengahan Mei mendatang. Namun karena terdapat dua klub Myanmar yang memutuskan untuk mundur dari kompetisi, AFC memutuskan Persipura langsung lolos ke fase grup.

Tergabung ke grup H, Persipura akan menghadapi Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon (Vietnam). Pertandingan sendiri akan digelar dengan format turnamen, di mana Singapura akan menjadi venue pertandingan grup H.

Keputusan tersebut jelas menjadi kabar baik bagi Persipura. Selain tak perlu menjalani laga playoff, Persipura pun bisa menyiapkan tim lebih matang. Sebelumnya, Persipura memang sempat terlambat dalam pengumpulan pemain.

Babak grup AFC Cup 2021 sendiri akan dimulai per 29 Juni mendatang. Itu artinya, Persipura masih punya waktu 2 bulan untuk benar-benar siap berlaga di kompetisi kelas dua antar klub Asia tersebut.

Meski begitu, Persipura sudah menggelar laga uji coba pada pemusatan latihannya. Mereka telah menghadapi Bhayangkara FC U-20 pada Kamis (29/4).

Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago, mengklaim bahwa anak asuhnya telah mengalami perkembangan signifikan dalam pemusatan latihan ini. Saat ini timnya masih akan fokus pada latihan fisik sebelum akan menghadapi uji coba lain menghadapi lawan sepadan.

“Apa yang kita berikan cukup baik progresnya dibandingkan uji coba kita dulu. Sangat signifikan sekali dari aspek fisik dari pemahaman bermain dan mereka sangat enjoy sekali,” imbuh Jacksen.

“Sangat enjoy adalah hal yang paling penting dan sekarang dengan hadirnya pelatih fisik kita berharap tingkatkan lagi intensitas dan kualitas dalam latihan keseharian.”

Persipura sendiri masih akan menambah amunisi skuadnya baik itu untuk AFC Cup maupun Liga 1 Indonesia 2021. Saat ini mereka baru memiliki satu pemain asing, yakni legiun asing asal Jepang, Takuya Matsunaga.

Rencananya, Mutiara Hitam akan menambah dua pemain asing untuk memaksimalkan kekuatan. Manajemen sudah mengantongi kedua nama pemain tersebut namun keduanya belum bergabung dengan tim. Kemungkinan besar mereka baru akan bergabung pasca libur lebaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here