Dramatis, Laga Terakhir Premier League Menjadi Penentu Masa Depan Sejumlah Klub

0
41

Debatbola.com – Premier League musim 2023/2024 memasuki pertandingan pamungkas pada hari Minggu, 19 Mei 2024. Seluruh pertandingan secara serentak akan berlangsung pada jam 22.00 WIB. Laga ini menjadi sangat dramatis sebab akan menentukan siapa peraih gelar juara Premier League antara Arsenal dan Manchester City. Beberapa hari sebelumnya, Manchester City tampil garang dan mampu menghajar Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.

Hasil ini mengantarkan Manchester City naik ke puncak klasemen menyalip Arsenal dengan selisih dua poin di peringkat dua. Satu kemenangan di laga terakhir akan menjadi peluang besar bagi Manchester City untuk meraih trofi ke-4 Premier League yang didapatkan secara beruntun. Sepanjang sejarah kompetisi.

Selain penentuan gelar juara, pertandingan terakhir juga menentukan nasib sejumlah klub di Premier League. Untuk slot UEFA Champions League musim depan telah berhasil diamankan oleh Manchester City, Arsenal, Liverpool di tempat ketiga dan Aston Villa di tempat keempat. Sedangkan slot bermain di UEFA Europa League serta UEFA Conference League musim depan masih menjadi penentuan antara Tottenham Hotspur dan Chelsea.

Terdapat juga kejulan lainnya dimana juara FA Cup akan otomatis meraih satu tiket lolos dalam ajang UEFA Europa League musim depan. Final FA Cup edisi kali ini mempertemukan Manchester City dan Manchester United. Karena Manchester City sudah dipastikan mendapat jatah UEFA Champions League, maka tiker UEFA Europa League akan diberikan kepada tim yang finish di posisi ke-6 musim ini dan tiket UEFA Conference League jatuh kepada tim yang finish di peringkat ke-7. Oleh karena itu, tim-tim yang saat ini berada di peringkat ke-5, 6 dan 7 harus meraih kemenangan di laga terakhir untuk mengamankan posisi mereka.

Laga terakhit Premier League juga menetukan nasib tim di zona degradasi. Setelah dua slot degradasi jatuh kepada Sheffield United dan Burnley, slot ketiga tampak akan jatuh kepada Luton Town yang saat ini duduk di posisi ke-18 dengan perolehan 26 poin, tertinggal sebanyak 3 poin dari Nottingham Forest yang duduk di posisi ke-17. Meskipun berpeluang untuk selamat jika berhasil mengalahkan Fulham serta berharap Nottingham Forest takluk oleh Burnley, Luton Town tetap mempunyai catatan gol minus 12.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here