Dortmund 5-2 Monchengladbach, Dortmund menjaga pengejaran gelar tetap hidup

0
176

Debatbola.com – Borussia Dortmund terus menekan Bayern Munich dalam perburuan gelar Bundesliga setelah Sebastien Haller dan Donyell Malen membintangi kemenangan 5-2 atas Borussia Monchengladbach. Kemenangan 6-0 Bayern atas Schalke membuat sang juara unggul empat poin di puncak sebelum kick-off Sabtu di Signal Iduna Park, di mana Dortmund segera memangkas keunggulan itu menjadi satu lagi.

Tuan rumah Edin Terzic unggul 4-0 dalam 32 menit ketika Malen membuka skor dan dua kali memberi umpan kepada Haller, dengan Jude Bellingham juga mencetak gol dari titik penalti. Ramy Bensebaini membalaskan satu gol melalui penalti pada menit ke-75 dan pemain pengganti Lars Stindl juga mencetak gol untuk Gladbach, tetapi Giovanni Reyna memastikan kemenangan Borussia Dortmund yang meyakinkan dengan gol di menit akhir.

Dortmund hanya membutuhkan lima menit untuk membuka skor saat Malen menanduk bola dari jarak dekat setelah tembakan Haller yang dibelokkan membuat Jan Olschowsky terdampar. Sebuah umpan bagus dari Gregor Kobel saat melawan Bensebaini menggagalkan respon cepat dari Gladbach, dengan penyelamatan itu terbukti vital saat Dortmund melakukan pukulan ganda segera setelah itu. Bellingham melakukan penalti yang tidak meyakinkan melewati Olschowsky setelah Florian Neuhaus menjatuhkan Haller dengan sia-sia, yang menambahkan gol ketiga hanya dua menit kemudian ketika menjentikkan umpan silang mendatar Malen ke pojok kiri bawah.

Pemain tengah sayap kanan lainnya dari Malen membawa gol kedua Haller saat penyerang Dortmund itu melakukan tendangan voli ke sudut kanan atas. Sebuah peregangan Olschowsky menggagalkan drive Bellingham mendesis setelah jeda. Bensebaini mengurangi defisit dengan penalti setelah pelanggaran Reyna, sebelum Stindl melesat ke pojok kanan bawah untuk gol hiburan lainnya dengan lima menit tersisa.

Tapi kebangkitan Monchengladbach datang terlambat dan Reyna-lah yang memiliki kata terakhir ketika dia mencetak gol kelima Dortmund dari kesalahan Olschowsky. Bayern akan tetap didukung oleh fakta terakhir kali perburuan gelar Bundesliga sedekat ini setelah 31 hari pertandingan, raksasa Bavaria menggulingkan Wolfsburg ke kejayaan liga 14 tahun lalu. Tapi Dortmund terus mempertahankan akhir kesepakatan mereka dalam pertempuran untuk kejayaan papan atas Jerman, mendorong tim Thomas Tuchel sepenuhnya setelah kemenangan ke-17 mereka dalam 18 pertandingan kandang kompetitif melawan Gladbach.

Performa kandang juga menjadi kunci bagi tim Terzic musim ini, dengan tidak ada tim di lima liga top Eropa yang mencetak lebih banyak gol di kandang mereka sendiri daripada 53 gol Dortmund pada 2023. Penyerang Dortmund ini telah mencetak delapan gol dalam delapan pertandingan liga terakhirnya, sementara ia telah mencetak gol di masing-masing dari enam pertandingan kandang terakhirnya di Bundesliga.Dortmund mengunjungi Augsburg pada Minggu 21 Mei, yang juga saat Gladbach bertandang ke Bayer Leverkusen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here