Donyell Malen Merapat Ke Borussia Dortmund

0
187

Debatbola.com – Borussia Dortmund kian memperkuat lini serangnya untuk musim depan. Klub yang berjuluk Die Borussen tersebut telah mendatangkan striker muda asal Belanda, Donyell Malen dengan mahar 30 juta Euro. Penyerang yang musim lalu bermain untuk PSV Eindhoven itu bakalan meneken kontrak dengan durasi bermain hingga 2026 mendatang.

Perjalanan Karir

Donyell Malen mengawali karir sepakbola dari tim junior HVV Hollandia. Kemudian pada 1 Juli, 2008 silam dirinya diikat kontrak oleh Ajax Amsterdam dan ditunjuk untuk memperkuat tim junior de godenzonen.

Hingga pada 29 Juli 2015 sang striker pun hijrah ke Arsenal. Namun karena kurang bisa beradaptasi dengan baik dirinya kembali lagi ke Belanda. PSV Eindhoven akhirnya memboyongnya kembali ke negeri kelahirannya pada Agustus, 2017 dengan biaya transfer 650 ribu Euro.

Di klub yang berjuluk Boeren inilah sang pemain mulai menunjukkan potensinya. Debutnya pertama kali di Eredivisie dimainkan pada pertandingan melawan PEC Zwolle pada Februari 2018. Dibawah kepelatihan Phillip Cocu, dirinya dimainkan pada menit ke-82 menggantikan Luuk De Jong.

Sementara itu gol pertamanya bagi PSV Eindhoven dan Eredivisie dicetak pada pertandingan melawan NAC Breda. Di laga tersebut, Donyell Malen yang dibawah asuhan Mark Van Bommel kembali menjadi pengganti Luuk De Jong.

Namun kali ini menit bermainnya lebih banyak, yaitu sang pemain dimainkan sejak menit ke-62. Sementara itu gol tersebut dilesatkan pada menit-menit akhir menjelang laga berakhir. Dirinya memanfaatkan assist dari Steven Bergwijn.

Musim lalu, sendiri penyerang berusia 22 tahun ini ditunjuk menjadi pemain inti oleh arsitek tim, Roger Schmidt. Dirinya total mencatatkan 45 kali penampilan bersama PSV Eindhoven serta 27 gol dan 10 assist yang semakin mengharumkan namanya.

Berkat pencapaian itulah sang pemain mendapatkan perhatian dari eks pelatih timnas Belanda, Frank De Boer. Pelatih berusia 51 tahun tersebut memanggilnya untuk masuk dalam skuat De Oranje dalam ajang Euro 2020 lalu.

Donyell Malen selalu bermain dalam 4 pertandingan timnya dan sukses mencatatkan 2 assist. Dimana keduanya masing-masing dibuat pada partai melawan Austria dan Makedonia Utara. Sayangnya timnas Belanda tidak mampu melangkah jauh setelah ditaklukkan oleh Republik Ceko di fase 16 besar.

Pengganti Erling Haaland?

Borussia Dortmund yang baru saja mendapatkan dana segar dari hasil penjualan Jadon Sancho langsung tancap gas membeli pemain baru. Kuat dugaan Donyell Malen yang juga biasa bermain sebagai winger ditempatkan di posisi tersebut. Selain itu dalam formasi dua striker, juga penyerang keturunan Suriname ini bisa menjadi tandem bagi Erling Haaland.

Terlepas dari itu, Borussia Dortmund adalah klub yang seringkali mampu mengorbitkan pemain-pemain muda. Ousmane Dembele, Robert Lewandowski dan Aubameyang serta Erling Haaland merupakan salah satu contohnya. Maka dipastikan Donyell Malen memilih klub yang tepat untuk bisa mengeluarkan segala potensinya sebagai pesepakbola.

Namun juga bisa proses transfer ini bisa dikaitkan dengan berita Erling Haaland yang bakalan hengkang dari Die Borussen. Dimana pemain yang tampil impresif pada musim lalu ini menjadi incaran banyak klub-klub top Eropa.

Sekarang ini Chelsea dan Manchester City merupakan klub-klub terdepan yang menginginkan jasa sang striker tersebut. The Blues sendiri dilaporkan rela menjual beberapa pemainnya untuk memboyongnya ke London Utara.

Tim yang diasuh oleh Thomas Tuchel juga baru saja kehilangan strikernya, Olivier Giroud yang hengkang ke AC Milan. Pelatih asal Jerman itu kini menginginkan nama baru di sektor lini serang untuk menambah daya gedor timnya. Sementara Manchester City yang kehilangan striker andalannya beberapa musim belakangan, Aguero juga masih mencari penggantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here