Ditinggal Pergi Giorgio Chiellini, Juventus Cari Bek Pengganti

0
32

Debatbola.com – Juventus akan segera ditinggalkan bek veterannya, Giorgio Chiellini. Kontrak pemain yang telah memperkuat Juventus sejak 2005 itu baru akan berakhir pada akhir musim mendatang. Namun sang bek telah memutuskan untuk pergi dari skuat yang telah membesarkan namanya tersebut.

Menuju Major League Soccer

Giorgio Chiellini diisukan bakal menuju Amerika Utara dan membela salah satu klub Major League Soccer. Los Angeles FC menjadi klub MLS terdepan yang berpotensi mengontraknya. Klub berjuluk The Black and Gold sedang mencari seorang bek dengan kualitas terbaik.

Sebelumnya klub yang bermarkas di Banc of California Stadium tersebut mendekati bek Hoffenheim, Kevin Vogt. Namun negosiasi tidak dilanjutkan karena klub Bundesliga tersebut tidak ingin melepas pergi beknya.

Selain Los Angeles FC terdapat satu klub lain yang juga berpeluang mendapatkan Giorgio Chiellini. Klub tersebut adalah Vancouver Whitecaps. Pelatih klub yang berasal dari Italia, Vanni Sartini diprediksi membuat negosiasi akan semakin mudah.

Akan tetapi Giorgio Chiellini belum memutuskan klub mana yang akan menjadi tempat barunya di musim mendatang. Yang pasti bek berusia 37 tahun tersebut tidak akan melanjutkan karirnya di Juventus lagi.

Meraih Gelar Bersama Juventus

Bersama Juventus selama kurang lebih hampir 17 musim, Giorgio Chiellini pastinya telah mencicipi berbagai macam gelar. Sebelumnya bek kelahiran Kota Pisa ini didatangkan oleh Bianconeri pada Juli, 2005 silam dari Fiorentina.

Dimana kubu La Viola baru semusim mendapatkannya dari Livorno dengan jumlah transfer sebesar 6.5 juta Euro. Tetapi sang bek langsung dilepaskan ketika mendapatkan tawaran dari klub kebanggaan masyarakat Turin ini.

Kala itu dirinya diboyong dengan menghabiskan dana sebesar 7.7 juta Euro. Namun jumlah dana tersebut tidak terbuang sia-sia karena klub mendapatkan salah satu bek terbaik di Italia bahkan bisa dibilang di dunia.

Bersama Fiorentina, di bawah asuhan Emiliano Mondonico, eks bek Livorno ini lebih banyak dimainkan sebagai bek sayap kiri. Total musim 2004/2005, dirinya hanya sekali absen di Serie A ketika tidak dipanggil di laga melawan Messina Peloro.

Kemudian ketika bergabung dengan Juventus, dirinya menjadi pelan-pelan mengambil posisi inti bek sayap kiri dari tangan Federico Balzaretti. Namun di akhir musim, mereka harus kehilangan bek tengah andalannya, Fabio Cannavaro yang hijrah ke Real Madrid.

Petaka didapatkan oleh Bianconeri karena tragedi calciopoli dan tim dihukum turun kasta ke Serie B. Namun Giorgio Chiellini tetap bertahan bersama Juventus dan membawa klub tersebut kembali ke Serie A di musim berikutnya.

Kehilangan Fabio Cannavaro membuat pelatih saat itu, Didier Deschamps menunjuk Giorgio Chiellini berduet bersama Nicola Legrottaglie di posisi bek tengah. Pertandingan melawan Napoli menjadi yang laga debutnya sebagai bek tengah.

Dipindahkan menjadi bek tengah ternyata membuka pintu prestasi bagi sang bek. Lantaran dimulai sejak musim 2011/2012, dirinya bersama Bianconeri mendominasi Serie A hingga terputus di musim 2019/2020 silam.

Total sembilan trofi Scudetto, lima piala Coppa Italia dan lima Supercup Italia dipersembahkan sang bek kepada klubnya. Bahkan prestasinya terus meroket di usia tua karena pada gelaran Euro 2020 berhasil membawa Italia menjadi juara kompetisi terbesar di sepakbola Eropa tersebut.

Juventus Incar Bek Baru

Juventus yang kehilangan salah satu bek terbaiknya dipastikan akan langsung bereaksi mencari penutup sepadan bagi lubang yang ditinggalkan Giorgio Chiellini. Dilaporkan telah ada dua bek incaran Bianconeri sejauh ini.

Bek pertama adalah Gabriel Dos Santos Magalhaes, bek tengah inti dari Arsenal. Dengan usia yang baru mencapai 24 tahun, bek berkebangsaan Brasil itu akan dijadikan sebagai pengganti jangka panjang bagi Juventus.

Selanjutnya ada bek yang juga berasal dari Brasil, Gleison Bremer. Bermain sebagai bek tengah bagi Torino, sang bek membuat klub berjuluk Il Toro tersebut hanya kebobolan 38 kali di musim ini. Sebagai pembanding, AC Milan di peringkat pertama sudah terbobol 31 kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here