Diprotes Banyak Pihak, Klub Peserta ESL Mundur Ramai-Ramai

0
95
Diprotes Banyak Pihak, Klub Peserta ESL Mundur Ramai-Ramai
Sumber : https://cdn-2.tstatic.net/wartakota/foto/bank/images/european-super-league-esl-geger.jpg

Debatbola.com – Rencana digelarnya European Super League (ESL) buyar. Satu per satu klub yang menginisiasi digelarnya liga antar klub top elite ini memilih mundur setelah datangnya protes dari berbagai penjuru.

Awalnya ada 12 klub yang merupakan pendiri dari ESL ini. Mereka adalah Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham, Arsenal, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Chelsea menjadi klub pertama yang memilih mundur dari ESL. Disusul oleh kelima klub Inggris lainnya. Internazionale Milan dan Atletico Madrid menyusul, sedangkan Milan dan Juventus telah memberikan pernyataan bahwa ESL tidak akan lanjut meski tidak secara jelas mengatakan mundur.

“Inter Milan mengonfirmasi bahwa klub bukan lagi bagian dari proyek Super League. Kami akan selalu berkomitmen untuk memberikan pengalaman sepakbola terbaik bagi para fans, karena inovasi dan inklusi merupakan bagian dari DNA kami sejak kami dibentuk.”

“Ikatan kami dengan banyak pihak untuk meningkatkan industri sepakbola tidak akan pernah berubah. Inter meyakini bahwa sepakbola seperti dalam segala sektor kehidupan, perlu memiliki daya tarik yang terus meningkatkan kompetisinya, untuk membuat segalanya tetap menarik bagi semua penggemar segala usia di seluruh dunia, dengan sebuah ketahanan finansial,” penggalan bunyi pernyataan Inter.

Inter hanyalah satu dari sekian banyak klub ESL yang memilih mundur dengan alasan demi penggemar. Meski begitu, mereka berharap UEFA selaku induk sepakbola Eropa pun bisa introspeksi diri untuk membuat kompetisi yang lebih menguntungkan banyak pihak.

ESL menjadi isu yang ramai dibicarakan sejak 19 Maret hingga saat ini. Tekanan semakin besar digaungkan setelah para pelatih, pemain, dan klub-klub lain mulai menyuarakan ketidaksetujuannya. Mereka menilai ESL tidak menjunjung tinggi semangat sportifitas dan kesetaraan.

Kini, tinggal Barcelona dan Real Madrid yang belum menyatakan sikap. Untuk diketahui, adalah Presiden Real Madrid, Florentino Perez, yang pertama kalinya mengusulkan adanya liga baru antar klub elite.

Sementara itu, Barcelona masih tetap pada pendiriannya karena mereka sedang membutuhkan uang yang sangat banyak karena memiliki utang yang sangat besar akibat pandemi. ESL disebut-sebut bisa menghadirkan lebih banyak uang jika digulirkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here