Diprotes Banyak Klub, PT. LIB Berjanji Sempurnakan Jadwal Liga 1

0
35

Debatbola.com – Mendekati dimulainya Liga 1 musim baru, PT LIB dan PSSI telah menentukan jadwal kick off serta sudah merilis draft jadwal. Namun sayang sekali draft tersebut rupanya tidak mendapat sambutan yang baik. Banyak klub yang justru mengajukan protes terkait jadwal yang sudah ditentukan.

Klub-klub seperti Persib Bandung, PSM Makassar dan Madura United mengajukan protes lantaran kick off yang dinilai terlalu malam. Bahkan kini gelombang protes tersebut terus berdatangan ke PT. LIB. Menanggapi hal tersebut, akhirnya PT. LIB dan PSSI pun angkat bicara.

Gelombang Protes Terus Berdatangan

Sejak draft jadwal Liga 1 musim baru dirilis, pro dan kontra langsung terjadi di kalangan klub-klub besar Indonesia. Sebagian besar justru jadwal kick off terlalu malam kurang disetujui. Namun ada juga beberapa yang tidak masalah bermain di jam berapapun.

Salah satu klub yang memberikan protes keras yaitu Persib Bandung yang kebagian jadwal perdana di pukul 20.45 WIB. Belum lagi jika ditotal Persib memiliki pertandingan yang dimulai hampir tengah malam sebanyak 15 pertandingan. Merasa tidak adil, Persib kemudian mengajukan surat protes ke PT. LIB.

Madura United juga secara resmi mengajukan protes ke PT. LIB meskipun jadwal laga malamnya tidak sebanyak Persib. Namun demi kenyamanan bersama, Madura United juga meminta jadwal kick off dimajukan jamnya. Tidak mau ketinggalan, PSM Makassar juga ikut protes pada PT. LIB terkait jadwal tersebut.

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia juga ikut melayangkan protes pada PT. LIB mengenai jadwal yang terlalu malam. Menurut APPI, jadwal yang terlalu malam akan mengganggu kesehatan para pemain. Pasalnya para pemain baru akan istirahat menjelang subuh jika laga selesai tengah malam.

Tanggapan PSSI

Sebagai federasi tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI juga tidak luput dari protes karena jam malam tersebut. Ketika ditemui pasca pertandingan Indonesia vs Myanmar, Mochamad Iriawan mengatakan akan menindak lanjuti protes yang dilayangkan klub tersebut. PSSI kabarnya akan membicarakan pengaduan itu bersama PT. LIB.

Mochamad Iriawan menjanjikan pertemuan dengan PT. LIB untuk membahas mengenai jadwal yang tidak disetujui klub. PSSI juga akan mengusahakan jadwal itu bisa dirubah dan diganti dengan jadwal yang baru. Pasalnya klub akan kesulitan jika harus bertanding di malam hari sebanyak 17 kali.

Tanggapan PT. LIB

Sebagai operator Liga, PT. LIB yang diwakili Akhmad Hadian Lukita mengakui jika jadwal kick off hampir tengah malam itu memang kurang ideal untuk para pemain. Namun Lukita menganggap jika jadwal tersebut masih dalam kategori aman. Terlebih jadwal tersebut sudah berdasarkan kesepakatan dengan pihak broadcast.

Namun sebagai Dirut PT. LIB, Lukita juga tidak menutup mata mengenai protes yang dilayangkan oleh klub-klub Liga 1. Pasalnya bukan hanya pemain saja yang harus pulang dini hari. Akan tetapi anggota PT, LIB, PSSI dan pihak lain yang bertugas juga harus pulang di jam yang sama.

Akhmad Hadian Lukita mengatakan jika jam malam tersebut adalah bentuk dari kompromi demi kemajuan sepak bola Indonesia. Pasalnya jadwal yang telah ditentukan tersebut telah disesuaikan dengan waktu prime time agar tetap ada penonton yang melihat. Bagaimanapun juga broadcasting kini menjadi ujung tombak dari kemajuan sepak bola Indonesia.

Untuk menyingkapi pengaduan dari pihak klub, Sudjarno selaku Direktur Operasional di PT. LIB mengatakan akan mempertimbangkan masukan yang diterima. Namun, Sudjarno tidak bisa menjanjikan penyempurnaan jadwal hingga 100%. Jika harus dirubah 100% maka akan memberikan efek domino pada klub lainnya.

Jadwal yang telah disusun sebelumnya sudah disesuaikan dengan agenda FIFA, AFF, AFC serta Piala Indonesia yang akan segera dimulai. Karena hal itulah jadwal tidak bisa dirubah 100% untuk menghindari benturan jadwal. Namun pihak PT. LIB tetap akan mempertimbangkan masukan yang diterima.

Sudjarno mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat mengenai perubahan jadwal terutama mengenai jam kick off tersebut. Kini PT. LIB tengah menyusun jadwal baru yang akan diumumkan dalam waktu dekat. Jadwal baru tersebut dipastikan akan sesuai dengan permintaan klub meskipun tidak bisa 100%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here