Dipecundangi Austria, Ronald Koeman Pasang Badan

0
26

Debatbola.com – Ronald Koeman berinisiatif untuk pasang badan terhadap hasil negatif yang diterima oleh Timnas Belanda setelah dipecundangi oleh Austria. Hal ini lantas memberikan tekanan yang besar terhadap tim Oranye ini. Bermain di venue Olympiastadion Berlin, pada hari Selasa, 25 Juni 2024, Belanda takluk 2-3 dari Austria.

Kemenangan Austria terjadi berkat gol yang dilesatkan oleh Romano Schmid dan Marcel Sabitzer serta satu own gol dari Donyell Malen. Di sisi lain, Belanda hanya bisa membalas 2 gol melalui aksi Cody Gakpo serta Memphis Depay. Meski menderita kekalahan, Belanda tetap berhasil lolos menuju babak 16 besar degan status peringkat tiga terbaik atas koleksi empat poin dari 3 pertandingan. Sedangkan Austria berhasil melaju ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen dengan koleksi enam poin.

Seusai laga, Koeman tampak sulit untuk menyembunyikan rasa kekecewaan dirinya saat melihat performa anak asuhnya. Ia mengaku bertanggung jawab atas hasil negatif tersebut.

“Pada akhirnya, ini menjadi tanggung jawab saya. Tim ini dibentuk sebab saya pikir adalah yang terbaik. Namun ternyata tidak benar demikian,” ucap Ronald Koeman.

“Saya merasa kecewa terhadap diri sendiri sebab kami memulai dengan seperti ini. Saya pikir awalnya merupakan penampilan yang buruk, namun tidak dari keseluruhan pertandingan.

“Selama berjalannya pertandingan, saya mencoba mengatakan bahwa gelandang bertahan perlu menjemput pemain belakang yang datang ke depan. Komunikasi juga menjadi salah satu yang buruk, terutama saat awal pertandingan.”

Koeman juga menepis asumsi yang beredar bahwa timnas Belanda menganggap sepele pertandingan ini usai memastikan diri untuk lolos menuju babak selanjutnya, 16 besar.

“Biasanya kami mempunyai pertahanan bagus sebab jarang menerima banyak gol di gawang kami. Tapi tidak untuk hari ini,” sambung Koeman.
“Itu sungguh mengerikan, terlihat sangat buruk, kami tidak dapat mengontrol pertandingan.”

Sang kapten, yaitu Virgil van Dijk mengungkap bahwa saat ini perlu ada sesuatu yang diubah untuk menuju fase selanjutnya yang berupa sistem gugur.

“Kami telah memulai pertandingan dengan penguasaan bola dan duel perebutan bola yang lemah. Kemudian tertinggal dalam permainan, makak kami menjadi kekurangan energi,” ungkap Van Dijk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here