Dipanggil Memperkuat Negaranya, Ini Dia Dua Pemain Termuda EURO 2020

0
123
Dipanggil Memperkuat Negaranya, Ini Dia Dua Pemain Termuda EURO 2020

Debatbola.com – Ajang EURO 2020 tidak hanya diisi oleh pemain-pemain senior yang telah berusia senja ataupun masih berada di angka usia emas. Melainkan dihuni juga oleh para punggawa-punggawa muda yang memainkan gelaran EURO pertama mereka.

Siapa Pemain Termuda EURO 2020?

Seperti yang telah diketahui, ada banyak pemain-pemain muda yang mengisi skuat negaranya. Mulai dari negara yang diunggulkan untuk menjadi juara dan bahkan negara yang kurang diunggulkan. Lantas siapa saja pemain termuda yang akan berlaga di gelaran EURO 2020?       

Jude Bellingham

Gelandang yang kini merumput bersama Borussia Dortmund ini masih berusia sangat belia. Jude Bellingham baru berusia 17 tahun 11 bulan dan sudah dipanggil oleh pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

Gelandang kelahiran kota Stourbridge di daerah West Midlands, Inggris ini dibesarkan di akademi Birmingham. Dirinya diboyong ketika baru saja berulang tahun di usianya yang ke 17 tahun pada bulan Juli 2020 lalu ke Borussia Dortmund.

Sang pemain direkrut dengan biaya yang cukup mahal mengingat usianya yang baru 17 tahun dengan mahar sebesar 23 juta Euro. Dimana transfer tersebut menjadi rekor pembelian pemain muda termahal di dunia.

Sebelumnya di klub masa kecilnya, Birmingham, sang pemain juga menjadi pemain termuda yang berhasil mencetak gol. Pada saat itu usianya baru menginjak angka 16 tahun 63 hari ketika dirinya membuat gol tersebut.

Sementara itu di Birmingham, manajemen klub memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggungnya dulu yakni 22. Hal itu bertujuan sebagai inspirasi bagi pemain-pemain muda lainnya yang masih bermain untuk klub tersebut.

Di klubnya saat ini, Jude Bellingham tidak butuh waktu yang lama untuk beradaptasi. Seusai diboyong, gelandang kelahiran 29 Juni 2003 ini langsung terpilih menjadi pemain utama tim di lini tengah. Kedua pelatih yang bertugas di musim ini baik Lucien Favre dan Edin Terzic sama-sama melihat kualitas dari pemain muda tersebut.

Sekarang, Jude Bellingham yang tampil bersinar di lini tengah klubnya yang berjuluk Die Borussen itu terpilih masuk skuat senior timnas Inggris. Sang pemain juga sekaligus menjadi pemain termuda di gelaran EURO 2020.

Kacper Kozlowski

Pemain kedua yang menjadi pemain termuda adalah punggawa Timnas Polandia, Kacper Kozlowski. Sama seperti Jude Bellingham, pemain yang merumput bersama Pogon Szczecin ini sama-sama lahir di tahun 2003. Namun dirinya lebih tua empat bulan dari pemain muda Inggris itu.

Kacper Kozlowski sendiri merupakan binaan asli akademi klubnya saat ini Pogon Szczecin dan sekarang bermain di tim senior. Di klubnya, pemain kelahiran kota Koszalin ini menjadi pemain ke-14 dengan jumlah pertandingan terbanyak.

Dirinya total dimainkan sebanyak 20 kali di musim ini dengan mayoritas bermain di posisi gelandang serang timnya. Dari menit bermain jika dijumlahkan di semua kompetisi yang dimainkannya, dirinya telah diturunkan sebanyak 1469 menit.

Sementara itu di timnas Polandia, Kacper Kozlowski baru melakoni dua pertandingan saja. Debut pertamanya dilaksanakan pada gelaran World Cup Qualification melawan Andorra. Gelandang serang tersebut bermain sebanyak 17 menit dan masuk menggantikan Piotr Zielinski.

Pertandingan terbaiknya di kancah internasional dilakoninya kala berhadapan dengan timnas Rusia pada laga friendly match. Sang pemain yang turun pada babak kedua sukses membuat satu assist untuk gol kedua timnya.

Dirinya membuat assist untuk gol yang dicetak oleh penyerang PAOK Thessaloniki, karol Swiderski tepat di menit ke-88. Sang striker berusia 24 tahun tersebut kini juga sama-sama dipanggil oleh sang pelatih, Paulo Sousa masuk skuat timnas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here