Dikejar Waktu, PSSI Harus Segera Menemukan Lawan Uji Coba Untuk Timnas Indonesia

0
71

Debatbola.com – Menyusul laga uji coba di FIFA Matchday edisi bulan Maret nanti, PSSI sedang berusaha mencari negara yang mau menjadi lawan Timnas Indonesia di laga uji coba tersebut. PSSI kini hanya memiliki waktu yang sedikit untuk bisa menemukan lawan Timnas Indonesia. Pasalnya agenda tersebut sudah mendekati deadline day dan Indonesia belum menemukan lawan yang bersedia.

PSSI kabarnya sudah mengajukan undangan beberapa negara dan tengah mengusahakan agar setidaknya Indonesia mendapat 2 lawan di Maret nanti. Hal tersebut dilakukan demi bisa menaikkan kembali peringkat Timnas di ranking FIFA. Kabarnya, PSSI masih terus melakukan komunikasi dengan federasi yang terlibat dalam Timnas yang menjadi tujuan PSSI.

Penolakan Yunani dan Kroasia

Awalnya, PSSI mengincar Yunani dan Kroasia sebagai lawan Indonesia untuk FIFA Matchday edisi bulan Maret tersebut. Pihak PSSI yang diwakili oleh Yunus Nusi yang merupakan Sekjen PSSI mengatakan jika tengah melakukan komunikasi dengan kedua negara tersebut. Para pendukung Timnas Indonesia tentu sangat antusias mengingat lawannya kali ini merupakan Tim yang sangat kuat.

Beberapa waktu pasca pengumuman itu diumumkan, Yunus Nusi kembali membuat pengumuman baru yang menyatakan jika pihak Kroasia menolak tawaran tersebut. Alasan Timnas negara tersebut dikarenakan pandemic Covid-19 yang tengah melanda Indonesia. Bukan hanya perkara pandemic, Kroasia rupanya sudah memiliki lawan di laga Matchday edisi Maret tersebut yaitu Slovenia.

Sama halnya dengan Kroasia, pihak Timnas Yunani juga menolak tawaran tanding dengan Indonesia di Maret nanti. Bukan karena pandemi, hal tersebut dikarenakan Yunani sudah mendapat lawan untuk bulan Maret nanti yaitu Montenegro. Mengalami penolakan dari dua negara tersebut, Indonesia kini harus segera mencari negara lain sebagai lawan uji coba.

Bidik 4 Negara Lainnya

PSSI kemudian mengalihkan haluannya pada negara lain pasca menerima penolakan dari Yunani dan Kroasia. Kali ini PSSI mendekati 4 negara sekaligus sebagai lawan tanding Timnas Indonesia di bulan Maret. Empat negara yang mendapat tawaran dari Indonesia yaitu Tajikistan, Uzbekistan, Bangladesh dan Suriname.

PSSI sebenarnya tengah mencoba menjajaki semua negara yang berpotensi menjadi lawan Timnas Indonesia. Bukan hanya negara yang posisinya diatas Indonesia saja, PSSI juga mempertimbangkan negara yang berposisi dibawah Timnas. Meskipun begitu, PSSI kini tengah memfokuskan diri untuk melakukan komunikasi dengan 4 negara tersebut.

Permasalahan pandemi menjadi kendala utama untuk PSSI dalam mendapatkan lawan uji coba untuk Indonesia. Selain, itu banyak negara yang sudah mendapatkan lawan di bulan Maret nanti sehingga menolak tawaran yang diajukan Indonesia. PSSI berharap setidaknya Indonesia akan mendapatkan 2 lawan untuk laga uji coba tersebut dengan satu lawan lebih tinggi posisinya dan satu lagi dibawah.

Penolakan Lagi

Rupanya jalan PSSI dalam mencari lawan untuk Timnas Indonesia tidak berjalan mulus. Dari 4 negara yang telah mendapat tawaran dari PSSI, satu dipastikan menolak sedangkan satu klub lagi mengaku tidak tahu. Kini harapan Indonesia ada pada dua negara yang tersisa yaitu Tajikistan dan Uzbekistan.

Negara yang dipastikan menolak ajakan Timnas yaitu Bangladesh dikarenakan sudah memiliki lawan di bulan Maret nanti. Tanggal 24 Maret nanti, Bangladesh akan terbang ke Maladewa untuk melakukan laga uji coba dengan negara tersebut. Setelah laga tersebut, Bangladesh dijadwalkan bertanding melawan Mongolia pada tanggal 29 Maret.

Suriname justru memberikan tanggapan yang mengejutkan pasca adanya kabar jika PSSI menawarkan untuk menjadi lawan pada laga Maret nanti. Biswajeet Kali yang merupakan Direktur Teknik SVB mengatakan jika dirinya tidak tahu menahu mengenai kabar tersebut. Secara tersirat sang Direktur mengatakan jika PSSI belum mengajukan penawaran pada Suriname.

Sebenarnya Timnas Suriname juga belum menentukan siapa lawan negara tersebut di FIFA Matchday edisi bulan Maret nanti. Akan tetapi SVB tengah melakukan pembicaraan dengan negara yang dimaksud dan akan diumumkan setidaknya 2 minggu lagi. Masih belum tahu lawan yang dimaksud Indonesia atau bukan karena Biswajeet Kali tidak mau memberikan bocoran.

Penolakan yang diterima dari Bangladesh membuat PSSI harus menentukan pilihannya lagi terkait klub yang akan melawan Timnas Indonesia. Pasalnya Tajikistan dan Uzbekistan berada dalam peringkat yang lebih tinggi dibandingkan Timnas Indonesia. PSSI kali ini harus mencari negara yang peringkatnya berada dibawah Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here