Digelar Tahun Ini, Siapa Kandidat Top Skor Copa America 2021

0
154
Digelar Tahun Ini, Siapa Kandidat Top Skor Copa America 2021

Debatbola.com – Setelah sempat ditunda, Copa America akhirnya resmi diselenggarakan pada tahun ini. Sama dengan gelaran EURO yang dimainkan di Eropa, kedua pihak penyelenggara saling sepakat untuk menunda turnamen.

Lonjakan kasus Covid-19 menjadi alasan utama tertundanya gelaran akbar di masing-masing benua itu. Dimana menekan laju penyebaran Covid-19 menjadi tujuan kedua penyelenggara melakukan penundaan.

Sementara itu Copa America edisi 2021 ini diikuti oleh sepuluh negara peserta. Kesepuluh negara itu tergabung di dalam dua grup A dan B. Grup A diisi oleh tim seperti Brasil, Kolombia, Venezuela, Ekuador serta Peru.

Sementara di grup B, persaingan lebih ketat diprediksi akan terjadi. Grup ini diisi oleh nama-nama negara kuat seperti Argentina, Uruguay, Chile, Paraguay serta Bolivia. Dengan empat nama pertama berpeluang besar lolos dari fase grup.

Kandidat Top Skor Copa America

Diikuti nama-nama pemain dari negara-negara seperti Brasil, Argentina, Uruguay dan Chile, lantas siapa yang bakal menjadi top skor gelaran ini? Sementara edisi lalu, Everton, gelandang Brasil menjadi pemuncak daftar top skor. Berikut ulasannya:

Neymar

Bintang Paris Saint-Germain ini dalam dua pertandingan Timnas Brasil telah menorehkan total dua gol. Dirinya masing-masing mencetak satu gol kala menghadapi Venezuela dan Peru. Dimana skuat tim Samba menang besar dalam dua pertandingan itu.

Sementara di klubnya, Paris Saint-Germain, sang winger menjadi pencetak gol terbanyak nomor tiga. Mantan punggawa Barcelona itu kalah telak dari penyerang Prancis, Kylian Mbappe dengan 42 golnya. Serta nama kedua, striker asal Italia, Moise Kean dengan torehan 19 gol.

Neymar hanya mampu menggelontorkan golnya dengan jumlah 17 gol di segala kompetisi yang dijalaninya. Dengan rincian sembilan gol di Ligue 1, enam gol pada gelaran Liga Champions. Serta masing-masing satu gol di turnamen Coupe de France dan Trophee des Champions.

Di timnas Brasil sendiri, pemain didikan akademi Santos ini menjadi pilihan utama sang pelatih, Tite di lini serang. Bahkan dirinya juga menjadi algojo penalti dan free kick nomor satu di tim yang dijuluki Samba itu.

Eduardo Vargas

Striker berkabangsaan Chile ini menjadi ujung tombak skuat yang dinahkodai oleh Martin Lasarte itu. Eduardo Vargas sebelumnya telah mencatatkan namanya di papan skor pada pertandingan melawan Argentina lalu.

Gol tersebut tercipta lewat tendangan penalti yang dilesatkan oleh Arturo Vidal, namun tendangan sukses ditepis kiper Argentina, Emiliano Martinez. Sayangnya tepisan kiper Aston Villa itu malah membentur tiang gawangnya sendiri dan mengarah ke kaki sang striker.

Kemudian tanpa menyia-nyiakan peluang yang sudah di depan mata, striker yang kini berusia 31 tahun itu langsung menjebloskan bola. Bola pun masuk dan merubah kedudukan menjadi 1-1 dan bertahan hingga pertandingan berakhir.

Pada gelaran Copa America edisi tahun 2016, striker yang bermain bagi Atletico Mineiro ini sukses menjadi pemuncak daftar top skor. Dirinya berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak Copa America dengan total enam gol.

Sedangkan pada edisi selanjutnya yakni pada tahun 2019 silam dirinya gagal menjadi top skor. Eduardo Vargas gagal menjadi top skorer setelah hanya bisa membuat dua gol saja. Padahal jumlah gol itu hanya berselisih satu gol saja dari sang pencetak gol terbanyak, Everton.

Lionel Messi

Pemain terakhir yang berpotensi menjadi top skor adalah penyerang Argentina dan Barcelona, Lionel Messi. Di klubnya, pemain yang dicap sebagai mega bintang ini menjadi pemuncak daftar top skor La Liga dengan total 30 golnya.

Di timnas Argentina, Lionel Messi sama dengan Neymar yaitu bertindak sebagai algojo baik penalti ataupun free kick. Jadi pundi-pundi golnya bisa semakin meninggi dengan kesempatan-kesempatan dari bola mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here