Didesak Gabung EAFF, Ini Dampak Bagi Indonesia dan AFF

0
35

Debatbola.com – Kemarahan para pecinta sepak bola Indonesia pada AFF terkait kecurangan selama turnamen belum terus berlanjut hingga kini. Bahkan kemarahan tersebut tidaklah menyurut meskipun Thailand dan Vietnam telah gagal di Piala AFF U-19. Para netizen tetap meminta Indonesia untuk keluar AFF dan pindah ke EAFF.

Tekad netizen Indonesia semakin kuat ketika AFF memilih mengabaikan protes yang diajukan oleh PSSI. Namun keluarnya Indonesia dari AFF dan bergabung dengan EAFF akan berdampak besar untuk federasi tersebut. Bukan hanya untuk AFF dan negara anggotanya, tetapi juga untuk Indonesia.

Protes Diabaikan AFF

Pasca tersingkirnya Indonesia dari Piala AFF U-19, PSSI langsung melakukan pertemuan dengan seluruh stafnya. Pertemuan tersebut membahas mengenai dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Thailand dan Vietnam. PSSI juga sekaligus mencari bukti mengenai kecurangan tersebut untuk dikirimkan ke AFF.

Kabarnya pihak PSSI sudah mengirimkan protes resmi pada AFF sekaligus mengirimkan bukti video pertandingan antara Vietnam melawan Thailand. Namun surat protes yang diajukan sejak tanggal 12 Juli lalu tersebut belum juga mendapat respon dari AFF. Bahkan federasi sepak bola Asean itu terkesan mengabaikan protes dari PSSI.

Melihat hal itu, kemarahan netizen kini kian menjadi dan semakin mendesak PSSI untuk keluar dari AFF. Netizen beranggapan jika persaingan di AFF sudah tidak sehat karena ada praktik sepak bola gajah di dalamnya. Menurut netizen, lebih baik Indonesia bergabung dengan EAFF yang jelas lebih maju dan lebih sportif dibandingkan AFF.

Netizen Indonesia bahkan terlihat menyerbu akun Instagram resmi EAFF guna meminta undangan bergabung di federasi tersebut. Hal itu menyebabkan follower dari akun EAFF meningkat drastis dan bahkan berpotensi terus bertambah. EAFF sendiri juga menyambut antusias bergabungnya suporter Indonesia dan menjadi sinyal positif untuk Timnas.

Dampak Bagi AFF

Keluarnya Indonesia dari AFF tentu akan membawa dampak besar untuk federasi Asean tersebut. Bukan hanya untuk Federasi, tetapi juga ke 11 negara anggota AFF yang tersisa. Bahkan dampak tersebut sudah terasa sebelum Piala AFF U-19 rampung dilaksanakan.

Salah satu dampak yang paling besar yaitu pendapatan yang menurun jika PSSI meninggalkan AFF. Pasalnya para pecinta sepak bola Indonesia merupakan pendukung yang fanatik dan akan selalu memenuhi stadion ketika Timnas bertanding. Dengan keluarnya Indonesia, pendapatan AFF dari penjualan tiket akan berkurang drastis.

AFF juga akan kehilangan eksposur karena media Indonesia tidak akan membicarakan event-event yang dilaksanakan oleh federasi Asean itu. Belum lagi persaingan akan sangat monoton lantaran hanya dikuasai 3 negara yaitu Malaysia, Vietnam dan Thailand. Akibatnya kompetisi di AFF tidak akan pernah berkembang menjadi lebih baik.

AFF juga berpotensi kehilangan tempat untuk menyelenggarakan turnamennya jika Indonesia tidak lagi bergabung. Pasalnya AFF sering kali menunjuk Indonesia sebagai tuan ketika mengadakan event besar. Dibandingkan negara Asean lainnya, Indonesia memang yang paling banyak memiliki stadion berstandar FIFA.

AFF memang masih ada negara lainnya, tetapi tidak akan lebih seru ketika tidak ada Indonesia. Karena hal itulah AFF kemungkinan tidak mengijinkan Indonesia keluar dari keanggotaan Belum lagi ke-11 negara anggota AFF lainnya dapat dipastikan menolak keluarnya Indonesia.

Dampak Bagi Indonesia

Selain AFF, kepindahan ke EAFF juga akan membawa dampak tersendiri untuk Indonesia. Dengan level Timnas Indonesia saat ini, akan sangat kesulitan untuk bisa bersaing di level tertinggi EAFF. Belum lagi federasi yang menaungi tim kuat Asia itu memiliki sistem kompetisi 3 lapis.

Untuk bisa berhadapan langsung dengan Jepang dan Korea Selatan, Timnas Indonesia setidaknya harus sampai ke babak ketiga. Dibandingkan AFF yang bisa langsung bersaing dengan tim elit, Indonesia kemungkinan hanya bisa bersaing dengan tim bawah EAFF. Namun jika bisa sampai berhadapan dengan tim kuat EAFF, level Indonesia akan naik drastis.

Satu lagi yang harus dipertimbangkan oleh Indonesia yaitu biaya perjalanan yang sangat mahal jika bergabung dengan EAFF. Para pemain Timnas juga masih harus mengurus visa yang dipastikan membutuhkan waktu. Berbeda jika bermain di ASEAN yang di situasi tertentu tidak membutuhkan visa.

Meskipun begitu, ada banyak dampak positif yang bisa diperoleh Indonesia ketika bergabung dengan EAFF. Salah satunya kesempatan berjumpa tim kuat serta peluang untuk meningkatkan level Timnas. Kini tinggal menunggu keputusan PSSI yang katanya sudah menerima masukan dari netizen Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here