Demi Tuntaskan Liga Domestik, Thailand Pertimbangkan Tak Ikut Piala AFF 2020

Debatbola.com – Imbas dari wabah virus corona, nyaris semua kompetisi sepakbola di seluruh dunia dihentikan. Tak terkecuali sepakbola Thailand. Thailand menghentikan Thai League 1 (T1) hingga T4 sejak awal Maret silam.

Sedianya liga Thailand dihentikan hingga 18 April mendatang. Namun karena pandemi COVID-19 ini masih belum mampu dikendalikan, pemerintah Thailand menerbitkan larangan berkegiatan berskala besar hingga 30 April mendatang.

Maka dapat dipastikan bahwa kembali bergulirnya Liga Thailand akan mengalami pengunduran. Ternyata pengunduran ini bisa berdampak pada keikutsertaan Tim Nasional Thailand pada Piala AFF 2020.

Piala AFF 2020 sedianya digelar pada November-Desember mendatang. Namun Presiden Federasi Sepakbola Thailand (FAT), Somyot Poompanmuang, mengatakan bahwa fokus utama FAT saat ini adalah menyelesaikan liga sementara Piala AFF tak wajib diikuti. 

“Ikut Piala AFF adalah kebanggaan untuk negara-negara di ASEAN. Tapi AFF tidak mewajibkan semua negara untuk ikut. Jadi mungkin kami tak akan ikut untuk edisi 2020 nanti,” ujar Poompanmuang dikutip dari Vocket. 

FAT menjelaskan ada empat opsi yang disiapkan untuk menyelesaikan kompetisi 2020. Pertama, kompetisi bergulir pada 30 Mei dan berakhir 21 November. Kedua, kompetisi mulai 2 Juni dan berakhir 13 Desember. Ketiga mulai 1 Juli sampai 20 Desember. Keempat mulai 1 Agustus dan berakhir 20 Desember. 

“Semua ini masih pilihan dan akan dipertimbangkan serta dibahas pada pertemuan mendatang. Bisa saja kami memutuskan sendiri, namun rasanya penting untuk mengambil sikap secara bersama-sama,” tutur Poompanmuang.

Pihak FAT dan perwakilan klub sendiri akan bertemu pada 14 April mendatang. Pertemuan itu juga akan dihadiri oleh pemerintah Thailand, yang rencananya diwakili oleh Menteri Pariwisata dan Olahraga.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here