Demi Jaga Kebugaran, Shin Tae-yong Selalu Rotasi Pemain Timnas, Ini 5 Pemain yang Dapat Pengecualian

0
45

Debatbola.com – Tim Nasional Indonesia sudah menjalani tiga pertandingan di Piala AFF 2020. Sejauh ini memang ada 5 pemain yang selalu dijadikan starter oleh Shin Tae-yong, dua diantaranya yakni dari Persebaya. Tim Nasional Indonesia baru saja menjalani laga ketiga Grup B Piala AFF pada Rabu, 15 Desember 2021. Menghadapi juara bertahan dan kandidat juara Vietnam, skuat Garuda berhasil mencuri angka melalui hasil imbang 0-0.

Puncak Klasemen Grup B

Hasil tersebut telah membawa Evan Dimas dan kawan-kawannya sukses mempertahankan takhta dan menjadi pemuncak Grup B dengan 7 poin, skuat Garuda unggul selisih gol dari Vietnam. Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong tersebut berhasil merebut kemenangan pada dua laga pertama dengan mengalahkan Kamboja 4-2 dan Laos 5-1.

Perolehan tujuh poin dari tiga laga ini memang terbilang cukup bagus. Tim Nasional Indonesia saat ini hanya membutuhkan hasil seri dalam laga kontra Malaysia pada Minggu, 19 Desember 2021 untuk bisa lolos ke semifinal. Sementara itu, skuat Garuda pun terus menunjukkan peningkatan kualitas performanya dari satu laga ke laga selanjutnya.

Dari jumlah kebobolan misalnya, angka tersebut terus berkurang dari 2 gol di laga pertama menjadi satu gol di laga kedua dan berhasil cleansheet ketika menghadapi Vietnam. Hasil ini tidak lepas dari kejelian Shin Tae-yong dalam menerapkan strategi permainan.

Tidak hanya itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga kerap melakukan rotasi pemain demi menjaga kebugaran anak asuhnya. Dilihat dari lini belakang posisi kiper, dalam tiga laga ini Shin Tae-yong selalu menurunkan tiga penjaga gawang yang berbeda. Meski demikian, di tengah rotasi rutin, terdapat lima pemain Timnas Indonesia yang terbukti tidak tergantikan dengan selalu menjadi pemain starter dalam tiga laga.

Pemain yang Selalu Menjadi Starter

Pemain pertama yakni Ricky Kambuaya. Ia selalu menjadi starter, gelandang asal Persebaya ini selalu tampil penuh dalam tiga pertandingan yang sudah dilakoni. Menampilkan permainan yang enerjik dan daya jelajahnya yang tinggi, Ricky Kambuaya menjadi pilihan utama Shin Tae-yong dalam sektor lini tengah. Pemain berusia 25 tahun itu sudah berhasil mencetak 1 assist di Piala AFF 2020.

Selanjutnya ada Alfeandra Dewangga. Meski baru berusia 20 tahun, dia sudah sukses menggusur pemain senior seperti Fachrudin dan Victor Igbonefo. Tidak hanya tampil memukau, dirinya juga bek tengah yang bisa menjadi gelandang bertahan.

Tampil memukau di Korea bersama Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam sukses menyegel tempat bek kanan utama Timnas Indonesia. Pemain berusia 22 tahun ini mempunyai kemampuan baik dalam membantu serangan, dan bahkan bisa dipercaya menjadi algojo penalti. Dirinya bahkan sudah bisa mencetak 1 gol dari tugasnya itu. Asnawi Mangkualam dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk menjadi kapten ketika melawan Vietnam lantaran Evan Dimas di bangku cadangan. Meski akhirnya Asnawi tidak bermain penuh.

Selanjutnya, bermodalkan penampilan yang apik bersama klub asalnya PSS Sleman, Irfan Jaya selalu menjadi starter di posisi winger dalam tiga laga timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Kinerjanya pun cukup baik lantaran sudah mencetak 1 assist dan 1 gol ketika skuat Garuda mengalahkan Laos 5-1. Meski begitu, Irfan Jaya tidak pernah tampil penuh dan selalu diganti pada babak kedua dalam tiga laga.

Ada pula Rachmat Irianto, pemain Persebaya yang menjadi pahlawan kemenangan dengan torehan 2 gol saat kalahkan Laos. Dengan kemampuan yang komplit, Rachmat Irianto mampu memerankan dua peran secara bergantian dengan sama bagusnya, yakni sebagai gelandang bertahan dan menjadi bek tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here