Demi Dapat Menit Bermain Reguler, Ilkay Gundogan Dipersilakan Tinggalkan Manchester City

0

Debatbola.com – Ilkay Gundogan berpotensi besar untuk meninggalkan Manchester City pada musim panas ini. Gelandang timnas Jerman tersebut ingin mendapatkan menit bermain lebih banyak dan tampil reguler sepanjang musim.

Gelandang bernomor punggung 8 tersebut merupakan pemain pertama yang didatangkan di era kepelatihan Pep Guardiola. Total dana transfer sebesar 27 juta Euro berhasil merestui kedatangannya ke Etihad Stadium pada Juli, 2016 lalu.

Selama enam musim membela Manchester City, Ilkay Gundogan telah tampil sebanyak 252 kali. Total 27 gol dan 33 jumlah assist telah diciptakan oleh eks gelandang Borussia Dortmund itu. Bahkan di musim 2020/2021, sang gelandang menjadi top skor tim dengan 13 golnya.

Kalah Saing dengan Gelandang Lain
Sepanjang musim ini hingga pertengahan bulan Mei, Ilkay Gundogan telah bermain 42 kali dan mendapat menit bermain sebanyak 2999 menit. Gelandang tengah berusia 31 tahun itu kalah saing dengan beberapa gelandang milik Manchester City.

Gelandang pertama adalah Bernardo Silva yang sering menjadi andalan bagi Pep Guardiola. Jika dibandingkan, Bernardo Silva telah bermain sebanyak 49 kali dimana dirinya mendapatkan menit bermain 3880 menit selama musim ini.

Kemudian dengan Kevin De Bruyne yang merupakan pemain kunci The Citizens. Gelandang serang asal Belgia ini telah memperkuat Manchester City 44 kali. Total 3248 menit bermain didapatkannya sepanjang menjalani musim 2021/2022.

Pep Guardiola sendiri lebih sering menggunakan formasi 4-3-3 dengan hanya menurunkan tiga orang gelandang. Satu posisi sudah pasti milik gelandang bertahan berkebangsaan Spanyol, Rodri. Tinggal dua slot diperebutkan dua gelandang lainnya.

Eks pelatih Barcelona tersebut lebih sering menggunakan Kevin De Bruyne dan Bernardo Silva di kedua slot kosong. Sementara Ilkay Gundogan mengemban peran sebagai pemain rotasi atau memulai laga dari bangku cadangan.

Ingin Tinggalkan Manchester City
Berbekal alasan ingin mendapatkan menit bermain reguler Ilkay Gundogan siap tinggalkan klub tersebut. Pep Guardiola sendiri menegaskan bahwa permintaan sang gelandang tidak mungkin dikabulkan jika dirinya masih berseragam The Citizens.

Maka dari itu Ilkay Gundogan meminta kepada sang pelatih agar bisa meninggalkan klub sesegera mungkin. Kabarnya menurut Daily Mail, Pep Guardiola siap merelakan kepergian wakil kaptennya tersebut pada jendela transfer musim panas ini.

Sang pelatih rela mempersilakan top skorer musim lalu itu karena hanya sang gelandang tinggal memiliki satu musim tersisa dalam kontrak. Namun The Citizens tetap terbuka jika sang gelandang ingin melakukan perpanjangan kontrak.

Pergi ke Spanyol
Masih dilansir dari Daily Mail, Ilkay Gundogan kedapatan sedang berada di terminal jet privat bandara Manchester. Sang gelandang diberitakan telah menjalani keberangkatan menuju ke ibukota Spanyol, Madrid. Akan tetapi tujuan dari keberangkatan sang gelandang masih belum diketahui secara pasti.

Berbicara mengenai Madrid, kemungkinan dua klub dituju oleh sang gelandang. Baik itu Real Madrid ataupun Atletico Madrid. Dimana Real Madrid sendiri pernah mengincarnya ketika masih berseragam Borussia Dortmund dulu.

Namun dari kubu Atletico Madrid sendiri belum terendus kabar-kabar klub berjuluk Los Rojiblancos tersebut mendatangkannya. Kemungkinan juga datang dari mantan klubnya, Borussia Dortmund yang berpotensi mendapatkannya.

Klub berdomisili di Signal Iduna Park itu sedang mempunyai dana besar setelah berhasil menjual Erling Haaland. Ilkay Gundogan berpeluang menjadi jenderal di lapangan tengah bagi kubu Die Borussen jika berhasil bergabung.

Sementara Manchester City yang terancam kehilangan Ilkay Gundogan disebut-sebut terus memburu satu gelandang. Dimana mereka memiliki dua nama gelandang yang diincar, yakni Frenkie de Jong dan Paul Pogba.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version