Debutan Termuda Baru Borussia Dortmund

0
82
Debutan Termuda Baru Borussia Dortmund

Debatbola.comYoussoufa Moukoko menjalani debut profesionalnya dengan Borussia Dortmund dalam usia 16 tahun ketika melawan Hertha Berlin di Stadion Olympia, Sabtu (21/11). Usianya itu tercatat sebagai debutan pesepakbola termuda dalam sejarah Bundesliga. Moukoko mendapatkan debutnya setelah masuk menggantikan Erling Haaland.

Pada saat itu, Haaland mencetak empat gol dalam kemenangan Dortmund dengan skor 5-2 atas Hertha. Moukoko telah mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Nuri Sahin. Saat itu, Sahin berusia 16 tahun 11 bulan dan satu hari ketika memulai debutnya bersama Dortmund.

Sebelumnya, Moukoko merupakan penyerang Dortmund U-23. Ia juga merupakan pemain Tim Nasional Jerman U-16. Bahkan Moukoko sudah menjadi skuat Jerman sejak usianya 12 tahun. Penampilan bersama skuat U-19 pun cukup mengesankan. Moukoko berhasil menyarangkan 34 gol dalam 20 pertandingan selama satu musim.

Maka dari itu Timo Prous, Pelatih Dortmund U-23, mempromosikan Moukoko ke skuat senior. Atas Moukoko jugalah yang membuat Michael Zorc, Direktur Olahraga Dortmund, yakin bahwa klubnya ini tidak kana pernah kehabisan bakat-bakat pemain muda.

Apalagi salah satu tugasnya adalah menjaga para pemain-pemain muda berbakat seperti Moukoko. Bahkan bakatnya yang sudah terendus jauh-jauh hari itu pun sudah terendus oleh Nike. “Moukoko adalah bakat yang luar biasa. Kami ingin dia belajar langsung dari para pemain senior,” kata Zorc.

Youssoufa Moukoko sendiri dikontrak Nike selama 10 tahun dengan nilai 9 juta paun. “Saya ingin bermain bersamanya. Saya pikir dia adalah bakat terbesar di dunia saat ini. Dia berumur 16 tahun satu hari, itu luar biasa. Dia memiliki karir besar di depannya. Kami beruntung memilikinya. Dia jauh lebih baik dariku pada usianya,” kata Haaland seperti dikutip dari Get Germany Football News.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here