David Luiz

Debatbola.com – Arsenal sudah kebobolan empat gol dari tiga laga yang dijalani pada Liga Primer Inggris 2019/20. Lini pertahanan jadi sorotan karena hanya mampu mencatatkan satu cleansheet, yakni kala melawan Newcastle United pada partai perdana.

Pada dua laga terakhir, Arsenal kebobolan empat gol. Menariknya, pada dua laga terakhir pula David Luiz menghuni lini pertahanan The Gunners. Arsenal mencatatkan cleansheet melawan Newcastle justru ketika bek asal Brasil itu belum dimainkan.

Tapi David Luiz enggan disalahkan mengenai keroposnya pertahanan Liverpool. Menurutnya, semua tim bertangung jawab atas kebobolan sebuah tim, karena hal itu berkaitan dengan mentalitas tim.

“Kami harus meminimalisasi kebobolan. Aku rasa kalau kamu kebobolan banyak maka kamu tak bisa bersaing untuk gelar juara. Jadi satu-satunya cara yang bisa kami lakukan adalah berusaha mengurangi kebobolan dan membuat tim ini menjadi lebih kuat,” kata David Luiz.

“Ini bukan hanya tentang aku, ini juga bukan hanya tentang para pemain belakang. Ini tentang mentalitas tim secara keseluruhan,” sambung Luiz.

Pada laga melawan Liverpool, Arsenal kalah 1-3. Ketiga gol Liverpool tak lepas dari kegagalan Luiz membendung lini serang Liverpool. Terkhusus gol kedua dan ketiga Liverpool yang dicetak Mohamed Salah, Luiz merupakan pemain yang melanggar Salah sehingga berbuah penalti dan dia juga yang dilewati Salah sehingga penyerang asal Mesir itu menemukan kesempatan satu lawan satu dengan kiper Arsenal, Bernd Leno.

Tapi menurut Luiz, kegagalan Arsenal meraih poin penuh pada laga melawan Liverpool adalah karena timnya tidak mampu mencetak gol lebih dulu. Karena menurutnya, lini pertahanan Arsenal sudah cukup baik di dua laga sebelumnya.

“Aku pikir tim ini sudah bermain bagus melawan Newcastle dan Burnley. Kami klinis di Newcastle dengan memaksimalkan satu gol dan tidak kebobolan. Melawan Burnley, kami klinis menguasai permainan untuk memainkan bola pertama, bola kedua. Mereka mencoba mencetak gol lewat tendangan bebas dan hal lainnya tapi kami tampil luar biasa.”

“Tapi melawan Liverpool, itu akan menjadi laga yang berbeda jika kami mencetak gol lebih dulu, tapi kami tidak bisa melakukannya tapi seperti itulah sepakbola,” sambung eks pemain Chelsea tersebut.

Arsenal akan menghadapi laga berat pada pertandingan berikutnya. Mereka akan menjamu Tottenham Hotspur di Emirates Stadium. Spurs sendiri baru menelan kekalahan dari Newcastle setelah meraih kemenangan melawan Aston Villa dan imbang melawan Manchester City.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here