David De Gea Akhirnya Mampu Hentikan Tembakan Penalti

0
81

Debatbola.com – Arsitek serangan Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer mengaku tidak terkejut jika David De Gea mampu menghalau tendangan penalti dari Mark Noble ketika timnya bersua ke markas West Ham United pada (19/9) kemarin.

Penyelamatan Gemilang

Dari pekan kelima dari Liga Premier musim 2021/2022 yang berlangsung pada hari Minggu kemarin, Manchester United berhasil mendapatkan suntikan tiga poin penuh usai menumbangkan West Ham United.

Kemenangan ini diperoleh dengan susah payah oleh skuad Setan Merah. Sejak babak pertama dimulai, tuan rumah sukses melancarkan serangan-serangan berbahaya dan membuat Cristiano Ronaldo dan kolega berada dalam tekanan. Terlebih lagi ketika The Hammers berhasil unggul lebih dulu ketika Said Benrahma mencetak gol di menit ke-30.

Beruntung lima menit kemudian para pendukung Setan Merah bisa bernafas lega usai Cristiano Ronaldo mampu menyamakan kedudukan. Sampai babak pertama usai, kedua kubu tidak bisa menambahkan gol, skor 1:1 tetap bertahan.

Memasuki paruh kedua pertandingan, Manchester United berhasil memimpin usai mendapatkan gol kedua. Pasukan Setan Merah berhasil menggandakan golnya di menit ke-89 berkat aksi dari Jesse Lingard yang berhasil memanfaatkan assist cantik dari Nemanja Matic.

Menjelang laga usai, West Ham hampir saja menyamakan kedudukan dan memaksa laga berakhir imbang. Tuan rumah mendapatkan hadiah penalti usai Luke Shaw melakukan handball di kotak penalti.

Akan tetapi dewi Fortuna nampaknya masih berpihak kepada Setan Merah. Pada laga Senin dini hari kemarin, David De Gea mampu tampil gemilang dan melakukan penyelamatan yang sangat penting. Kiper asal Spanyol ini berhasil menggagalkan tendangan penalti dari Mark Noble hingga akhirnya timnya keluar menjadi pemenang.

Respon Dari Pelatih

Melihat aksi penyelamatan gemilang dari kiper asal Spanyol tersebut, Ole Gunnar Solskjaer selaku pelatih merasa tidak kaget. Seperti diungkapkan melalui MUTV usai laga, pelatih asal Norwegia ini mengaku jika dirinya sudah menduga De Gea mampu melakukan hal tersebut.

Solskjaer menilai jika De Gea adalah kiper top kelas dunia. Bahkan dia selalu menaruh kepercayaan kepada penjaga gawang 30 tahun ini untuk mengawal gawang timnya. “Kami tidak pernah berhenti percaya kepadanya. Saya rasa penting juga untuknya (David De Gea) untuk mengetahui jika kami menaruh kepercayaan kepadanya,” ungkap Solskjaer.

Lebih lanjut sang pelatih menuturkan jika De Gea selalu menjadi kiper top untuk timnya saat ini. Jadi penyelamatan dari tembakan penalti di laga kemarin menjadi sebuah bukti bahwa performa sang penjaga gawang masih bisa diandalkan.

“Dia adalah penjaga gawang dengan kemampuan yang top, dan kami senang bisa memiliki pemain seperti dirinya. Musim ini dia kembali dengan sangat fokus, dan sangat ber-determinasi untuk menunjukkan kepada semua orang tentang siapa dia sebenarnya,” imbuhnya.

Patahkan Rekor 7 Tahun

Melalui laga Senin dini hari kemarin, David De Gea layak dinobatkan menjadi pahlawan kemenangan untuk timnya. Sebab, berkat penyelamatan gemilangnya Manchester United berhasil mempertahankan keunggulan hingga aga usai. Tepisan De Gea dalam laga tersebut bisa dibilang sangat spesial.

Menurut data yang sudah dirangkum oleh Opta, penyelamatan dalam laga tersebut menjadi penyelamatan gemilang pertama dari De Gea sejak tahun 2016 untuk level klub maupun negara. Sebelumnya sang penjaga gawang telah kebobolan sebanyak 40 kali secara beruntun.

Khusus di kompetisi Liga Inggris, penyelamatan gemilang di laga Senin dini hari kemarin juga menjadi catatan pertama De Gea sejak bulan Oktober 2014 silam atau selama tujuh tahun. De Gea terakhir kali menunjukkan kesaktiannya dalam menggagalkan tendangan penalti terjadi saat menghalau tembakan Leighton Baines dalam kemenangan 2:1 dari Everton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here