Dapat Dukungan Penuh Dari Iwan Bule, Begini Kondisi Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2020

0
61

Debatbola.com – Tim Nasional sepakbola Indonesia diharapkan mampu untuk mengakhiri puasa gelar pada level internasional dengan merebut juara Piala AFF 2020. Turnamen sepakbola antar negara paling bergengsi di Kawasan Asia Tenggara ini hanya tinggal menghitung hari akan segera berlangsung pada 5 Desember 2021 mendatang di Singapura dan rencananya berakhir 1 Januari 2022.

Singapura Sebagai Tuan Rumah Tunggal

Sebenarnya memang ajang dua tahunan ini digelar tahun lalu, tapi pandemic Covid-19 masih belum mereda sehingga membuat AFF selaku otoritas sepak bola ASEAN menundanya. Saat ini, meski masih terjadi Pandemi Covid-19, untuk kasusnya sudah mulai melandai sehingga diputuskan untuk menggelar Piala AFF 2020.

Pada ajang kali ini Singapura ditunjuk sebagai tuan rumah tunggal untuk memainkan semua pertandingan babak penyisihan hingga final. Pada edisi-edisi sebelumnya, Piala AFF selalu dilaksanakan di dua negara sebagai tuan rumah.

Mengenai formatnya masih tetap sama, yakni fase grup Piala AFF 2020 tetap menerapkan format setelah kompetisi. Maksudnya adalah setiap negara peserta saling bertemu satu kali. Adapun semifinal dan finalnya tetap menggunakan format lama yakni ada dua pertandingan.
Total terdapat 10 negara peserta Piala AFF 2020. Nantinya akan terbagi menjadi dua grup dengan masing-masing diisi oleh lima negara. Tim Nasional Indonesia menjadi salah satu negara yang selalu difavoritkan menjadi juara gelaran Piala AFF pada setiap edisi.

Akan tetapi, nasib baik belum tentu menghampiri Skuat Garuda lantaran memang belum pernah mengecap manisnya gelar juara ajang sepakbola selama dua tahunan ini. Tercatat, prestasi terbaik yang dimiliki Indonesia yakni menjadi runner-up sebanyak lima kali. Yaitu ketika tahun 2000, 2004, 2010, dan 2016.

Pelatih Lakukan Persiapan Matang

Pada tahun ini dengan persiapan yang memang singkat tapi matang, Tim Nasional Indonesia kembali melambungkan optimismenya untuk meraih kejuaraan. Menjelang turnamen, tim besutan pelatih Shin Tae-yong ini menggelar serangkaian pertandingan uji coba internasional dengan hasil yang cukup memuaskan.

Bermukim di Turki sebagai negara yang ditunjuk menjadi tempat pemusatan latihan, Tim Nasional Indonesia melangsungkan sejumlah agenda latihan. Di antaranya dengan melakukan laga uji coba melawan Myanmar, Antalyaspor, dan Afganistan. Hasilnya Skuat Garuda berhasil mendapatkan kemenangan kontra Myanmar dengan skor 4-1 dan Antalyaspor 4-0. Ketika laga kontra Afganistan, harus berakhir dengan kekalahan 0-1.

Tidak hanya melakukan pertandingan uji coba, Timnas Indonesia juga masih memiliki modal lainnya yakni memenangkan dua pertandingan melawan Taiwan. Ketika itu pada babak lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan skor 3-0 dan 2-1. Dengan catatan hasil yang positif, Shin Tae-yong diharapkan bisa membawa Tim Nasional Indonesia melangkah jauh hingga ke final dan berhasil meraih gelar juara Piala AFF 2020.

Iwan Bule Beri Dukungan Penuh

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa dirinya merasa 30 pemain Timnas Indonesia yang dipilih oleh Shin Tae-yong ini adalah pemain terbaik. Mereka merupakan kombinasi pemain muda dan senior yang bermain di Liga 1 Indonesia 2021/2022 dan pemain yang tengah merumput di Luar negeri.

Nantinya akan ada enam pemain dari kompetisi luar negeri. Mereka di antaranya ada Elkan William Tio Baggott dan Egy Maulana Vikri. Ada pula Ryuji Utomo, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Syahrian Abimanyu.

Menurut Iriawan, ini merupakan kondisi pemain yang bagus. Rata-rata memang usia pemain dalam skuat masih muda. Masa depan tim diyakini akan cerah. Sebagai ketua PSSI, Iwan Bule mendukung dengan sepenuhnya. Dirinya dan beberapa Exco PSSI juga akan berangkat ke Singapura untuk memberikan dukungan. Diharapkan skuat Garuda bisa pulang membawa kejuaraan.

Nantinya Tim Nasional Indonesia akan bergabung di Grup B yang terdiri dari Vietnam, Laos, Malaysia, Indonesia dan Kamboja. Laga perdana Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja pada Kamis (09/11/21) mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here