Dampak Virus Corona, Piala Eropa 2020 Mundur Satu Tahun

0
415
Dampak Virus Corona, Piala Eropa 2020 Mundur Satu Tahun

Debatbola.com – Seharusnya, tahun 2020 akan digelar perhelatan akbar antara negara-negara Eropa pada kompetisi Piala Eropa. Namun karena wabah virus corona semakin tak terkendali di Eropa, akhirnya UEFA memutuskan bahwa kompetisi empat tahunan itu harus diundur hingga 2021.

Situasi saat ini memang cukup mustahil membuat segala aktivitas sepakbola bisa berjalan sesuai jadwal awal. Apalagi saat ini hampir semua liga di Eropa memutuskan untuk menghentikan liga untuk sementara. 

Federasi sepakbola Perancis (FFF) mengapresiasi keputusan UEFA dalam menunda Piala Eropa 2020. Menurut mereka situasi saat ini memang tidak memungkinkan untuk menggelar kompetisi, karena keselamatan manusia haruslah yang menjadi utama.

Berikut pernyataan resmi FFF:

“Federasi Sepakbola Perancis mendukung penuh keputusan UEFA untuk menunda Piala Eropa 2020 ke 11 Juni 2021 dan mengadaptasi format kompetisi jika memang itu diperlukan. Selain itu, pertandingan internasional yang sedianya digelar Maret, termasuk dua laga Tim Nasional Perancis pada 27 dan 31 Maret di Stade de France, juga akan ditunda hingga Juni.

“Keputusan bijaksana dan tegas dari UEFA ini memungkinkan kita semua untuk menghadapi hal yang lebih urgensi dan memprioritaskan aksi kolektif dalam melawan virus corona, sambil di saat bersamaan mempertimbangkan akhir dari kompetisi profesional dan amatir nasional yang kemungkinan akan berjalan sampai Juni.

“Semua opsi akan dipelajari sampai semuanya bisa kembali beraktivitas. Hal yang paling diperhatikan FFF adalah mengambil keputusan terbaik, dengan mementingkan semua pesepakbola, untuk mendapatkan rasa hormat terbaik dan meminimalisasi dampak krisisi ini. Dunia sepakbola harus bersatu, bertanggung jawab, dan menjadi teladan.”

Di Perancis sendiri pandemi virus corona sudah menewaskan puluhan orang. Meski begitu, sampai saat ini, belum ada satu pesepakbola atau pelatih dari Ligue 1 maupun Ligue 2 yang dinyatakan positif terpapar Covid-19. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here