Dampak Konflik Rusia-Ukraina, Final Liga Champions Dipindahkan ke Prancis

0
74

Debatbola.com – Konflik panas yang saat ini berlangsung antara Ukraina dan Rusia ikut berimbas pada jalannya kompetisi Liga Champions. Akibat situasi yang kian memanas pasca serangan militer Rusia, UEFA memutuskan memindah venue final Liga Champions. Dari yang semula bakal digelar di Saint Petersburg kini dipindah ke Saint-Denis, Prancis.

Final Dipindah ke Stade de France

Selama beberapa hari terakhir, konflik antara Ukraina dan Rusia menjadi isu yang paling hangat diperbincangkan. Konflik kedua negara sepertinya sedang menuju puncaknya pada Kamis (24/2). Pasalnya, hari itu, presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan militer Rusia melancarkan serangan besar-besaran di beberapa wilayah Ukraina.

Melansir beberapa sumber, ledakan terdengar di beberapa kota di Ukraina, seperti di Kiev, Kharkiv dan juga Donbas. Serangan Rusia ke wilayah Ukraina ternyata ikut berdampak untuk berbagai aspek kehidupan. Sepakbola menjadi salah satu aspek yang ikut terdampak invasi militer Rusia ke Ukraina ini.

Semua pecinta sepakbola tahu bahwa tahun ini bakal jadi tahun spesial buat Rusia karena mereka bakal menghelat final Liga Champions musim 2021/2022. Namun, rencana Rusia menjadi host alias tuan rumah final Liga Champions pada akhirnya terpaksa batal. Pasalnya, UEFA baru saja resmi memindahkan venue laga final.

Alasannya tentu adalah karena pasca serangan yang diluncurkan Rusia, negara tersebut kini menjadi tempat yang dinilai tidak aman. Melalui rapat yang digelar para komite eksekutif, UEFA memutuskan laga final bakal dipindah ke venue lain. Dalam hal ini, UEFA memilih Stade de France, stadion yang berlokasi di Saint-Denis yang berjarak 9,4 kilometer dari Paris, Prancis.

Pernyataan Resmi UEFA

UEFA meresmikan pemindahan venue final Liga Champions ini melalui sebuah pernyataan yang mereka muat di laman web resminya. Dalam pernyataan resmi ini, UEFA mengumumkan pemindahan venue dilakukan dengan alasan keamanan. UEFA juga mengungkap laga final akan tetap digelar sesuai jadwal.

“Komite eksekutif UEFA, hari ini menggelar rapat penting menyusul situasi keamanan yang genting di Eropa.” Tulis UEFA lewat laman web resmi mereka. “Komite eksekutif UEFA sepakat memindah venue final Liga Champions pria musim 2021/2022. Dari yang semula di Saint-Petersburg, menuju Stade de France yang terletak di Saint-Denis.”

“Pertandingan akan tetap digelar sesuai jadwal, yakni pada Sabtu 28 Mei 2022. UEFA ingin berterimakasih kepada presiden Prancis, Emmanuel Macron. Karena berkat dukungan dan komitmennya, laga sepakbola paling prestisius di Eropa bisa dipindah di tengah krisis.” Lanjut pernyataan resmi tersebut.

“Pada rapat hari ini, komite eksekutif UEFA juga memutuskan klub-klub dan timnas Rusia serta Ukraina harus memainkan laga kandang mereka di venue netral untuk sementara. Komite eksekutif UEFA akan tetap menggelar rapat-rapat penting secara reguler. Hal ini dimaksudkan untuk membuat keputusan lebih lanjut.”

Bagi Prancis, tepatnya Paris, perpindahan venue laga final Liga Champions ini tentunya bakal jadi momen istimewa. Terhitung, ini adalah kali pertama Prancis menggelar final Liga Champions lagi sejak tahun 2006. Adapun bagi Stade de France, ini adalah kali ke-2 final Liga Champions digelar di sana, setelah final Liga Champions tahun 2000 dan 2006.

Dampak Lain Konflik Ukraina-Rusia

Terkait konflik antara Rusia dan Ukraina, sejumlah pihak sendiri telah mendesak UEFA melakukan beberapa tindakan lain selain memindahkan venue final Liga Champions. Banyak yang meminta UEFA menghentikan kerjasama dengan pihak Rusia di sektor manapun. Entah itu sponsor, pekerja, sampai tim yang ikut serta.

Mengutip The Athletic, wahana888 melihat beberapa politisi bahkan mendesak UEFA menghentikan kerjasama dengan salah satu sponsor utama mereka yang notabene merupakan perusahaan Rusia. Perusahaan yang dimaksud adalah Gazprom. Para politisi meminta UEFA menggelar rapat secepatnya dan menghentikan kerjasama dengan perusahaan energi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here