Dampak Besar Lionel Messi di Major League Soccer Terhadap Transformasi Budaya Sepakbola Amerika

0
26

Debatbola.com – Brad Friedel, mantan penjaga gawang terkemuka Amerika Serikat, mengungkapkan dampak besar yang dibawa oleh Lionel Messi ke dunia sepakbola Amerika sejak kedatangannya di Major League Soccer (MLS).

Messi, pemenang delapan kali Ballon d’Or yang kini berusia 36 tahun, menjadi pusat perhatian seluruh negeri ketika ia bergabung dengan Inter Miami pada bulan Juli tahun lalu, hanya beberapa waktu setelah memenangkan Piala Dunia 2022 bersama tim nasional Argentina.

Penampilan Messi bersama Inter Miami di awal karirnya di MLS tidak mengecewakan. Dalam 14 pertandingan, Messi berhasil mencetak 11 gol dan memberikan lima assist, mengukir kontribusi signifikan untuk timnya. Friedel, yang berbasis di Miami, menjelaskan bagaimana kehadiran mantan bintang Barcelona tersebut secara transformatif memengaruhi budaya sepakbola di kota dan bahkan di luar Miami.

Stadion Inter Miami yang awalnya berlokasi di Fort Lauderdale, saat ini tengah membangun satu yang baru di Miami, menunjukkan pertumbuhan dan perubahan yang signifikan. Brad Friedel menyebut bahwa sebelum Messi datang, keberadaan tim MLS ini mungkin tidak terlalu mencolok, tetapi setelah Messi bergabung, wajahnya mendominasi di mana-mana, dari seragam Inter Miami yang berwarna pink hingga billboard di berbagai tempat. Dampaknya juga terasa di platform digital, seperti Apple TV, dan di setiap stadion yang dikunjungi oleh Inter Miami.

Tur pra musim yang melibatkan Inter Miami juga menjadi lebih prestisius setelah kedatangan Messi, dengan undangan untuk bermain di berbagai tempat seperti El Salvador, Hong Kong, dan Arab Saudi. Sesuatu yang jarang terjadi bagi tim MLS sebelumnya. Saat MLS 2024 segera dimulai, Friedel meyakini bahwa Messi telah membawa tren positif bagi liga sebelumnya, dan dia mendorong para pemimpin liga untuk memastikan bahwa minat yang tinggi ini dapat mengarah pada pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dalam perbincangannya menjelang pertandingan persahabatan Miami melawan Al-Hilal, Friedel menekankan pentingnya mendapatkan dukungan dari perusahaan televisi dan sponsor besar untuk memastikan kelangsungan hidup jangka panjang MLS, sesuatu yang telah sukses diraih oleh Liga Premier di Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here