Courtois Beberkan Rahasia Keberhasilan Real Madrid di El Clasico

Debatbola.com – Barcelona di atas kertas bisa mengungguli Real Madrid pada lanjutan La Liga 2019/20 pekan ke-26. Sebelumnya Barcelona berada di puncak klasemen sementara Real Madrid gagal menang di dua laga terakhir, dengan menghadapi tim lemah seperti Levante dan Celta Vigo. 

Namun semuanya berbeda saat pertandingan berlangsung. Real Madrid yang berstatus tuan rumah mampu tampil dominan dan menguasai jalannya pertandingan. Puncaknya, tentu saja raihan tiga poin setelah Vinicius Junior dan Mariano Diaz membobol gawang Marc Ter Stegen. Real Madrid 2-0 Barcelona.

Gol pertama Madrid yang dicetak Vinicius sendiri tercipta pada menit ke-71. Mariano mengunci kemenangan Real Madrid pada tambahan waktu jelang pertandingan berakhir, di mana ia masuk menggantikan Karim Benzema beberapa menit sebelum cetak gol.

Real Madrid menerapkan strategi jitu pada laga ini. Bermain dengan pola dasar 4-4-2 berlian, Los Blancos mengandalkan duet Benzema dan Vinicius sejak awal babak. Skema permainan yang dipilih Zidane itu mampu menyulitkan Barcelona yang menurunkan formasi 4-1-3-2 dengan Lionel Messi dan Antoine Griezmann sebagai juru gedor pertahanan. 

Tapi secara spesifik, kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, mengatakan bahwa taktik yang dipilih Zidane sebenarnya cukup berisiko besar bagi pertahanan Real Madrid. Namun Zidane membuktikan dirinya sebagai pelatih jempolan karena pilihan strateginya itu tak jadi bumerang bagi Madrid.

“Melawan Barcelona, kamu bisa bermain dengan dua cara: menjaga area lalu bermain bertahan atau menekan untuk mengambil risiko untuk mengganggu serangan mereka. Kami memilih yang kedua dan itu berjalan dengan sangat baik. Meraih kemenangan di El Clasico selalu memuaskan,” ujar Courtois pada laman resmi klub.

Keberhasilan Real Madrid meraih poin penuh di laga sarat gengsi itu melesatkan mereka kembali ke puncak klasemen. Madrid unggul satu poin dari Barcelona. Persaingan akan ketat sampai akhir musim nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here