Christophe Galtier, Pelatih Paris Saint Germain Yang Baru

0

Debatbola.com – Paris Saint-Germain bersiap untuk segera memecat Mauricio Pochettino dan akan mendatangkan pelatih baru. PSG akan segera menunjuk pelatih Nice yaitu Christophe Galtier. Galtier yang merupakan pilihan kedua setelah Zinedine Zidane menolak tawaran PSG, diharapkan mampu untuk membawa PSG menjuarai Liga Champions.

Paris Saint-Germain bahkan dikabarkan telah mencapai kesepakatan pemutusan kontrak dengan Pochettino dan staf pelatihnya yang masih memiliki durasi selama semusim. Paket pesangon yang akan diterima Pochettino adalah sebesar 15 juta euro.

Galtier Jadi Pengganti Pochettino

Galtier sendiri telah mengamini bahwa ia akan pergi dari OGC Nice dan akan menjadi juru taktik PSG pada musim yang akan datang. Pelatih asal Prancis tersebut adalah pelatih yang mampu mendobrak dominasi Paris Saint-Germain di Ligue 1 pada musim 2020/2021.

Kedatangan Galtier disebutkan ada campur tangan dari direktur olahraga Paris Saint-Germain yaitu Luis Campos. Luis Campos dan Christophe Galtier pernah bekerja sama di Lille pada periode 2017-2020. Bersama-sama mereka menjadikan Lille salah satu kekuatan baru di liga Prancis.

Pada musim lalu, Galtier mengakhiri Liga Prancis bersama Nice di peringkat kelima. Galtier berhasil mengumpulkan 66 poin setelah 20 kali menang, 7 kali kalah dan 11 imbang. Hasil ini membuat Nice berhak mengikuti kualifikasi Uefa Conference League di musim depan.

Galtier Masuk, 11 Pemain Diprediksi Pergi

Kehadiran Galtier bahkan dikabarkan akan membuat PSG melakukan cuci gudang pemain. Tidak tanggung-tanggung ada 11 pemain yang kemungkinan akan angkat kaki dari PSG. 11 pemain tersebut adalah Areola, Herrera, Icardi, Leandro Paredes, Sergio Rico, Marcin Bulka, Thilo Kehrer, Diallo, Gueye, Kalimuendo, Wijnaldum dan Neymar.

Areola dikabarkan telah dilepas oleh PSG dengan status permanen ke West Ham United. PSG juga membuka untuk melakukan pembicaraan untuk transfer Wijnaldum dan Neymar. Meski mereka adalah pemain bintang, tampaknya PSG siap melepas mereka. Bahkan Neymar sempat dilirik oleh Juventus dan 3 klub Inggris yaitu MU, Chelsea dan Newcastle United.

Sementara untuk Icardi, Paredes, Herrera dikabarkan ingin hengkang dari PSG. Alasan mereka ingin pergi adalah karena kurangnya menit bermain yang diberikan di klub raksasa Prancis tersebut. Namun belum ada kepastian kemana mereka bertiga akan berlabuh.

Prestasi yang Pernah Diraih Oleh Galtier Semasa Karir Kepelatihannya

Bagi banyak orang, nama Christophe Galtier merupakan nama yang cukup asing. Namun karir kepelatihannya di Perancis cukup mentereng. Hal ini yang membuat PSG yakin untuk merekrutnya dan memecat Pochettino. 

Klub pertama yang ditukangi oleh pelatih berusia 55 tahun itu ketika memulai melatih klub sepakbola adalah Saint-Etienne. Ia melatih klub itu selama 8 musim hingga ia hengkang karena kontraknya yang telah berakhir. Di musim pertama saat melatih klub tersebut, ia berhasil menyelamatkan klub dari ancaman degradasi setelah ditinggal pelatih mereka sebelumnya.

Pada masa kepelatihannya, ia berhasil membuat Etienne berada di posisi 10 besar selama 4 musim berturut-turut. Prestasi terbaik yang pernah ia raih bersama Saint-Etienne adalah mereka mampu menjuarai piala Coupe de la Ligue pada musim 2012-2013.

Kemudian pada bulan Desember 2017 ia menduduki kursi kepelatihan Lille. Saat itu ia harus bekerja keras untuk menyelamatkan Lille dari degradasi dan di akhir musim ia berhasil menyelamatkan klub dari jurang degradasi. Di musim berikutnya ia berhasil membawa Lille mencapai posisi ke-2 liga Perancis dan berhak mengikuti kompetisi Liga Champions.

Di musim 2020/2021, Galtier berhasil mempersembahkan gelar juara liga Prancis bagi Lille. Galtier berhasil mematahkan dominasi PSG yang selalu menjuarai liga sebelumnya. Atas prestasinya menjuarai liga Prancis, ia juga terpilih menjadi Manager Of The Year yang ke-3 bagi dirinya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version