Chelsea Mau Pulangkan Tino Livramento, Siap Merugi 35 Juta Poundsterling?

0
65

Debatbola.com – Setiap kali jendela transfer dibuka, Chelsea kerap kali menjual pemain mudanya, dan di summer transfer kemarin, Tino Livramento adalah salah satu pemain muda yang mereka jual. Di Southampton, Livramento ternyata tampil asli. Chelsea akhirnya dikabarkan tertarik memulangkan sang pemain lagi, meski hal itu bisa membuat mereka rugi.

Dibuang Tapi Justru Impresif

Selama beberapa tahun terakhir, akademi Chelsea tersohor sebagai satu dari sekian penghasil bakat-bakat muda sepakbola berkualitas. Sayangnya, dalam setiap bursa transfer, Chelsea seringkali menjual para pemain mudanya tersebut. Musim panas ini, mereka juga menjual beberapa pemain jebolan akademinya, termasuk Tino Livramento.

Livramento menjadi andalan dalam tim junior The Blues, dan bahkan beberapa kali memperkuat timnas Inggris level junior. Kendati demikian, kesempatan justru minim didapatkan kala Livramento naik ke level junior. Hal inilah yang akhirnya membuatnya memilih hijrah menuju Southampton.

Sayang bagi Chelsea, Livramento justru tampil impresif bersama klub berjuluk The Saint. Eks pemain junior Chelsea itu telah tampil tujuh kali dari tujuh pertandingan yang telah dimainkan Southampton sepanjang Premier League musim ini. Penampilan impresifnya inipun dikabarkan membuat Chelsea tertarik memulangkannya ke Stamford Bridge.

Ruginya Chelsea Jika Pulangkan Livramento

Akan tetapi, memulangkan Tino Livramento ke Stamford Bridge jelas akan membuat Chelsea merugi cukup besar. Sebagai informasi, Chelsea memasukkan klausul pembelian kembali dalam kesepakatan penjualan Livramento ke Southampton. Namun, klausul itu baru bisa diaktifkan dengan mahar yang cukup besar.

Pada summer transfer kemarin, Chelsea diketahui melepas Livramento ke Southampton dengan harga yang begitu murah, cuma 5 juta poundsterling. Adapun untuk mengaktifkan klausul pembelian kembali, Chelsea harus membayar Southampton 40 juta poundsterling. Jika klausul ini benar-benar diaktifkan, maka Chelsea akan rugi sekitar 35 juta poundsterling.

The Blues sendiri saat ini sudah memiliki dua pemain dengan posisi sama seperti Livramento, yakni Reece James dan César Azpilicueta. Dua pemain tersebut sangat cocok dalam skema permainan tiga defender yang diperagakan Thomas Tuchel. Livramento juga mungkin bakal cocok dan bisa nyetel dengan permainan juru taktik asal Jerman tersebut.

Tuchel Mau Livramento Bertahan

Thomas Tuchel sendiri sepertinya bakal dengan senang hati menerima kedatangan kembali Livramento ke Stamford Bridge. Seperti mengutip Daily Express, Tuchel pernah mengungkap bahwa ia sangat menginginkan Livramento di timnya. Tapi Tuchel mengaku tak bisa berbuat banyak karena sang pemain telah memutuskan pergi.

Mengungkap pendapatnya mengenai sosok Livramento, Tuchel mengatakan, “Ya, tentu saja, dia adalah pemain luar biasa. Kami sudah melakukan apapun demi membuatnya bertahan di sini, menunjukkan padanya bahwa dia punya masa depan. Tapi dia memutuskan hengkang, dan itu adalah keputusannya yang harus kami terima.”

“Tentu, di sini, dia bakal berkompetisi dengan Reece James dan César Azpilicueta di posisi bek sayap kanan. Saya pikir itu adalah posisi paling ideal untuk diperjuangkan karena tak banyak pemain yang bersaing di sana. Ada kans untuknya, tapi dia memutuskan pergi. Itu bisa diterima, dan kami berharap yang terbaik untuknya.”

Keputusan Berat Tinggalkan Chelsea

Sebelumnya, Livramento juga telah mengungkapkan bahwa dirinya meninggalkan Chelsea dengan berat hati. Akan tetapi, ia juga senang dapat bergabung dengan Southampton karena klub ini menjanjikan menit bermain yang lebih banyak. Janji itu akhirnya dipenuhi Ralph Hasenhüttl, dan Livramento kini sudah menjadi seperti pemain kunci klub arahannya.

“Ini adalah keputusan berat untuk semua orang yang terlibat.” Kata Livramento, mengungkap momen kepindahannya dari Chelsea. “Tapi mereka sepakat bahwa ini merupakan hal terbaik buat saya, dan mereka selalu peduli pada saya. Saya kehabisan kata-kata untuk mengungkap bagaimana mereka membina saya menjadi pemain seperti sekarang.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here