Cerita Asep Budi, Pemain Persis Solo Didikan Diklat Persib yang Seperti La Masia Barcelona

0
187

Debatbola.com – Babak 8 besar kasta kedua kompetisi Liga Indonesia sudah dirilis jadwal tempat pelaksanaan pertandingan, bahkan pertandingan tersebut rencananya akan dihadiri oleh penonton. Meskipun masih dalam tahapan protokol kesehatan yang diterapkan, namun hal ini dapat menjadi sebuah kemajuan yang sangat baik. Memang bagi sebagian pesepakbola asal Jawa Barat membela panji Persib adalah sebuah kehormatan.

Salah satunya adalah Asep Budi, bek milik Persis Solo yang lahir di kota Garut Jawa Barat. Secara blak-blakan melalui channel Youtubenya, secara gamblang dia mengungkapkan semenjak dulu mempunyai cita-cita bermain dengan tim pangeran biru tersebut. Bahkan sang ibu pun sempat menanyakan kapan akan bergabung dengan Persib.

Memulai Karir di Pelita Jaya Junior

Meski berasal dari Garut, Asep Budi tidak serta merta dapat terkenal seperti Yandi Sofyan atau Febri Haryadi. Pemain yang pernah bermain untuk Persigar Garut di Piala Soeratin ini mengaku karir sepakbolanya lebih banyak di luar Jawa Barat. Tercatat dia merupakan pemain junior di Pelita Jaya kemudian di tahun 2014 dia bermain untuk Persik Kediri.

Maka pantas saja kalau Asep Budi tidak terlalu dikenal seperti pemain-pemain lain yang bermain untuk Persib Bandung. Namun hal itu tidak membuat Asep Budi patah semangat dia masih bercita-cita untuk bermain bersama Persib. “Saya sangat kepengen banget untuk main di Persib Bandung” ucap dia ketika ditanya oleh Tiento Indonesia.

“Dari kecil dari semenjak SD, lanjut ke SMP sudah punya cita-cita tersebut, bahkan ibu saya sendiri sempat menanyakan” ucap Asep. “Tapi mudah-mudahan jika ada rezekinya saya bermain di Persib, saya sangat siap” tambahnya. Keinginan Asep Budi yang ingin membela nama kebesaran Persib Bandung pun disambut antusias oleh bobotoh.

Didikan Persib Junior bermain di luar Persib

Selain Asep Budi pemain asli Jawa Barat yang bermain di luar Persib, ternyata banyak pemain asli Jawa Barat yang berkembang. Tercatat 27 pemain Diklat Persib yang bermain di Liga Indonesia. Salah satunya Ferdinand Sinaga, meski sempat kembali ke Persib, namun Ferdinand kini membela klub yang sama bersama Asep Budi.

Kemudian ada Asep Berlian yang saat ini bermain apik bersama Madura United, serta gelandang tengah asal Arema Hanif Sjahbandi. Bahkan kedua pemain tersebut merupakan pemain inti di klubnya masing-masing. Terdapat pula Ganjar Mukti pemain asal Pangandaran, Jawa Barat yang bermain bersama TIRA Persikabo.

Selanjutnya Distribusi pemain putra Jawa Barat yang bermain di luar Persib ada M. Riyandi di Barito Putera. Kiper yang merupakan kiper Timnas Indonesia ini berasal dari Bogor. Sedangkan di PSM Makassar tercatat nama Sutanto Tan yang pernah berlatih di Diklat Persib. Lanjut ke Bhayangkara FC disana terdapat pemain senior asal Sumedang, Jajang Mulyana.

Bahkan Ryuji Utomo dan Alfath Fathier yang pernah membela Persija Jakarta merupakan hasil binaan Diklat Persib. Diklat Persib yang memang selalu memunculkan nama-nama beken di persepakbolaan tanah air patut diacungi jempol. Selain di luar Persib binaan Diklat Persib sendiri ada yang sudah bermain bagi Persib seperti Febri Haryadi, Gian Zola dan Dedi Kusnandar.

Hingga saat ini jebolan Diklat Persib ini sudah seperti La Masia, sebuah akademi terbaik milik Barcelona. Diklat Persib memang sudah bekerja sama dengan klub Italia yakni Inter Milan. Bahkan sang legenda hidup mereka Javier Zanetti didaulat menjadi tamu kehormatan dalam momen kerja sama itu. Kerjasama yang dilakukan Diklat Persib bersama Inter Milan itu dibuka oleh Erik Thohir dan juga tamu kehormatan kala itu Javier Zanetti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here