Celtic Didenda £15.200 oleh UEFA

0
73
Celtic Didenda £15.200 oleh UEFA

Debatbola.com – Celtic, klub sepakbola Skotlandia, mendapat denda sebesar £15.200 dari UEFA menyusul tindakan para penggemarnya yang mengibarkan bendera Palestina selama pertandingan Liga Champions melawan Atletico Madrid bulan lalu di Glasgow. Sebanyak ratusan bendera tersebut dianggap sebagai “pesan provokatif dengan sifat yang menyinggung” oleh UEFA, yang menyatakan hal ini dalam pernyataan resmi. Meskipun klub telah memberikan peringatan kepada para penggemar agar tidak menampilkan bendera sebelum pertandingan pada 25 Oktober, aksi tersebut tetap dilakukan.

Para penggemar terlihat menyanyikan lagu “You’ll Never Walk Alone” sambil mengibarkan bendera Palestina, dan dua spanduk besar dengan tulisan “Free Palestine” dan “Victory to the Resistance” juga dibentangkan di Celtic Park. Selain itu, Celtic juga didenda tambahan sebesar £10.000 karena penggemar menghalangi lorong dan menggunakan piroteknik. Aksi solidaritas ini mencerminkan dukungan para penggemar terhadap isu Palestina, yang sedang mengalami konflik panjang dengan Israel. Pemerintahan Hamas di Gaza melaporkan bahwa setidaknya 13.300 warga Palestina, termasuk 5.600 anak-anak, telah tewas dalam konflik tersebut.

Celtic sendiri saat ini berada di peringkat keempat dalam Grup E Liga Champions, dengan hanya satu poin dari empat pertandingan. Meskipun tindakan para penggemar mendapatkan perhatian, dampak dari denda ini akan memengaruhi klub baik secara finansial maupun dalam hal citra. Kontroversi ini juga menyoroti bagaimana olahraga sering menjadi panggung bagi ekspresi politik dan solidaritas sosial, meskipun hal tersebut dapat membawa konsekuensi tertentu sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here