Catatan Penting Lini Depan Timnas Pasca Menang Lawan Filipina

0
73

Debatbola.com – Timnas Indonesia berhasil menang melawan Filipina dalam laga SEA Games 2021 kemarin. Dengan kemenangan telak 4-0 tersebut, peluang lolos ke semifinal semakin besar dan sangat mungkin. Selain itu, Indonesia memiliki catatan penting dalam setelah kemenangan kemarin di Vietnam.

Egy Maulana Vikri Samai Catatan Evan Dimas

Dalam laga yang dilaksanakan di Stadion Viet Tri Jumat lalu, Egy Maulana Vikri berhasil mengoyak jala gawang Filipina. Dengan gol tersebut, Egy Maulana Vikri memiliki catatan penting dalam SEA Games. Dirinya memiliki jumlah gol yang sama dengan Evan Dimas dalam Ajang SEA Games U-23.

Keduanya telah mencetak 6 gol untuk Indonesia di kancah SEA Games hingga saat ini. Namun berbeda dengan Evan Dimas, Egy Maulana Vikri masih bisa menambah pundi-pundi gol sehingga catatannya lebih tinggi dari Evan Dimas. Terlebih saat ini masih dalam fase grup dan bisa saja Indonesia menembus partai final.

Namun catatan Egy Maulana Vikri dan Evan Dimas Darmono belum bisa menyaingi catatan top skor Osvaldo Haay. Dirinya memiliki torehan gol lebih banyak dibanding Egy dan Evan Dimas. Hingga saat ini Osvaldo Haay sudah menorehkan 8 gol di ajang SEA Games 2019 lalu.

Dengan sisa 1 laga di fase grup, bisa saja Egy mencetak gol dan memecahkan rekor pemain sebelumnya. Ditambah ketika nanti Indonesia menang di semifinal dan menjuarai SEA Games setelah menang di final. Untuk mencapai 2 gol bukan hal sulit bagi Egy Maulana Vikri.

Clean Sheet Indonesia Pertama

Kemenangan 4-0 Indonesia atas Filipina memberikan catatan menarik untuk Timnas Indonesia. Ini merupakan clean sheet pertama bagi Garuda Muda sejak terakhir mendapatkannya di fase babak grup sebelumnya. Tentunya kemenangan 4-0 tersebut sangat membanggakan anak asuh Shin Tae-yong.

Jika mengingat sebelumnya Indonesia dibantai dan babak belur dalam laga melawan Vietnam, kemenangan ini menjadi sangat berarti karena mengembalikan percaya diri para pemain. Meskipun Indonesia sebelumnya juga menang melawan Timor Leste, namun kecolongan 1 gol menggagalkan Garuda Muda memperoleh clean sheet.

Meskipun tidak diperkuat Elkan Baggot, Indonesia masih sangat tangguh karena memiliki pemain bertahan berkualitas. Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto dipercaya menjadi tembok lini belakang. Benar saja, keduanya sangat bisa diandalkan.

Selalu Lolos Fase Grup

Indonesia selalu lolos fase grup dalam kompetisi SEA Games. Terhitung dalam 5 ajang SEA Games terakhir, Indonesia tidak pernah gagal menembus fase grup. Dengan selalu lolos fase grup, itu berarti Indonesia selalu masuk fase semi final SEA Games, meskipun untuk menjadi juara bukanlah hal mudah.

Raihan Indonesia bisa dibilang sangat baik karena bisa meraih 4 medali meskipun tidak selalu medali emas yang didapatkan. Pada SEA Games 2011, 2013, dan 2019 Indonesia berhasil meraih medali perak. Kemudian pada SEA Games 2017 Indonesia meraih medali perunggu.

Sebenarnya dalam edisi SEA Games 2021 kali ini, Indonesia belum bisa lega untuk lolos ke semifinal. Pasalnya Indonesia masih memiliki satu pertandingan melawan tim yang akan memperebutkan 1 tiket ke semifinal. Myanmar saat ini memiliki poin yang sama dengan Indonesia, hanya saja kalah selisih gol.

Apabila Myanmar menang melawan Indonesia, maka dipastikan SEA Games kali ini Indonesia tidak akan lolos ke semifinal. Sedangkan apabila Indonesia imbang saja, maka akan lolos ke semifinal. Apalagi Indonesia menang dan Vietnam kalah, malahan Indonesia bisa memuncaki klasemen akhir Grup A.

Tentunya publik sepakbola Tanah Air berharap, Egy dkk bisa menampilkan performa terbaik mereka di pertandingan melawan Myanmar. Mereka harus meminimalisir kesalahan dan memanfaatkan peluang sekecil apapun untuk mencetak gol.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here