CAS Cabut Hukuman Larangan Tampil di Kompetisi UEFA untuk Manchester City

Debatbola.com – Pada 2019 silam, Manchester City diterpa skandal besar yakni pemalsuan laporan keuangan untuk menghindari Financial Fair Play (FFP). Hal itu diungkap oleh salah satu media Jerman, Der Spiegel, setelah mendapatkan data retasan email Man City.

Manchester City disebut-sebut menggunakan sejumlah pendanaan palsu untuk meningkatkan pendapatan klub sehingga bebas dari pelanggaran FFP. Dari situ juga UEFA langsung menginvestigasi apakah City melakukan pemalsuan laporan keuangan atau tidak.

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, UEFA akhirnya memutuskan bahwa Man City terbukti bersalah sebagaimana yang diberitakan oleh Der Spiegel pada Februari 2020. City pun dijatuhi hukuman larangan berkompetisi di kompetisi UEFA selama dua musim.

Namun Man City merasa tak bersalah. The Citizens lantas mengajukan banding pada CAS. Mereka merasa bahwa laporan keuangan sudah sesuai prosedur dan apa yang dituduhkan Der Spiegel adalah fitnah.

Setelah melakukan serangkaian pemeriksaan, akhirnya CAS mengumumkan hasil investigasi mereka pada Senin, 13 Juli 2020. Berdasarkan investigasi, mereka memutuskan bahwa Man City tidak bersalah seperti yang disangkakan sehingga hukuman pada mereka dari UEFA dicabut. City hanya mendapatkan denda sebesar 10 juta euro saja lantaran dianggap kurang bekerja sama dengan UEFA.

“Manchester City tidak menyamarkan pemalsuan laporan sebagai kontribusi sponsor, tetapi gagal bekerja sama dengn otoritas UEFA. CAS menekankan bahwa sebagian besar dugaan pelanggaran yang dilaporkan oleh Adjudicatory Chamber of CFCB tidak dibuat atau dibatasi waktu,” bunyi pernyataan CAS.

“Dakwaan terkait penyembunyian pendanaan ekutias yang tidak jujur jelas merupakan pelanggaran yang lebih signifikan daripada menghalangi penyelidikan CFCB, sehingga tidak tepat untuk memberlakukan larangan berkompetisi di UEFA karena ini hanya kegagalan Man City bekerja sama dengan investigasi CFCB saja.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here