Cari Pengganti Wojciech Szczęsny, Juventus Minati Kepa

0
63

Debatbola.com – Semenjak kedatangan Édouard Mendy, Kepa seakan menghadapi mimpi buruk, di mana ia tak lagi menjadi kiper pilihan utama Chelsea. Eks kiper Athletic Bilbao itu belakangan santer dikaitkan akan hengkang. Sekarang, menurut sebuah laporan, Kepa diminati raksasa Italia Juventus yang saat ini memang sedang mencari pengganti untuk sang kiper pengganti.

Mimpi Buruk di Chelsea

Sekitar tiga tahun lalu, tepatnya pada tahun 2018, Chelsea mendaratkan Kepa dari Athletic Bilbao dengan mahar transfer senilai 72 juta poundsterling. Mahar transfer sebesar itu membuat Kepa menyandang predikat sebagai kiper termahal dunia. Dengan mahar sebesar itu pula, ada ekspektasi besar terhadap sang kiper asal Spanyol.

Namun, performa Kepa nyatanya tak mampu memenuhi ekspektasi klub dan penggemar, sehingga Chelsea mengalihkan pandangan ke kiper Stade Rennais kala itu, Édouard Mendy. Musim panas lalu, Mendy bergabung dengan Chelsea. Kedatangan itu rupanya menjadi mimpi buruk tersendiri bagi Kepa.

Sejak kedatangan Mendy, Kepa bukan lagi kiper utama Chelsea dan lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan. Musim ini, Kepa hanya bisa mencatatkan total delapan penampilan EPL. Minimnya menit bermain inipun membuat isu kepergian Kepa dari Stamford Bridge akhir-akhir ini kian menguat.

Kandidat Kuat Pengganti Szczęsny

Tak dapat dipungkiri, penampilan Kepa memang sudah mengalami penurunan, tetapi tak dapat dipungkiri pula bahwa Kepa adalah salah satu kiper berbakat. Menyusul isu kepergian Kepa, banyak klub yang dikait-kaitkan dengan sang kiper. Salah satunya adalah raksasa Italia Juventus yang disebut-sebut sedang mencari kiper anyar.

Juventus saat ini mengandalkan Wojciech Szczęsny sebagai kiper utamanya, tetapi dengan usia yang sudah tidak lagi muda, Juve tidak bisa mengandalkan Szczęsny selamanya. Penampilan Szczęsny di bawah mistar Juve juga tidak bisa dibilang konsisten. Buktinya, hanya dalam lima pertandingan, Szczęsny telah mencatat delapan kebobolan.

Nama Kepa sendiri bukan satu-satunya kandidat pengganti Szczęsny, mengingat Juve juga melirik beberapa pemain lain. Salah satunya adalah mantan kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma. Donnarumma sejatinya masuk dalam daftar target teratas, tetapi kepindahan sang kiper ke Paris Saint-Germain otomatis membuat Juve mundur teratur memburunya.

Perlu diketahui pula bahwa ini bukan kali pertama Juve tertarik mendatangkan Kepa. Minat terhadap Kepa rupanya sudah ada sejak sang kiper masih merumput di Spanyol. Kala itu, Juve masih mengandalkan pemain veteran, Gianluigi Buffon sebagai pengawal gawang. Tetapi Buffon sudah tak lagi muda sehingga Juve perlu mencari sosok penggantinya.

Penampilan menawan Kepa bersama Athletic Bilbao otomatis membuat Si Nyonya Tua kepincut merekrutnya. Namun, langkah mereka kurang cepat dan berhasil disalip oleh Chelsea yang juga sedang membutuhkan kiper baru pasca kepergian Thibaut Courtois. Juve akhirnya gagal dapatkan Kepa, dan Chelsea lah yang akhirnya memenangkan perburuan.

Kali ini, Juve tidak ingin gagal lagi. Juve dikabarkan serius ingin mendatangkan Kepa karena mereka menilai Kepa bisa membantu mereka bangkit lagi. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai berapa mahar yang bersedia dikeluarkan Juve. Tetapi menurut Fichajes, Juve baru berencana memboyong Kepa pada summer transfer, bukan winter transfer.

Pilihan di Tangan Kepa

Pindah ke Juve sendiri bisa menjadi pilihan terbaik Kepa untuk memperbaiki karirnya yang kelihatan sudah habis bersama Chelsea. Di Chelsea, Kepa memang masih menyandang predikat sebagai kiper termahal. Tetapi, predikat itu seakan tak berarti mengingat ia sudah kalah saing dengan Mendy yang dulu dibeli Chelsea dengan harga jauh lebih murah.

Gabung ke Juve bisa saja menyelamatkan karir Kepa. Kini, pilihan berada di tangan Kepa sendiri. Apakah ia mau bertahan di Chelsea dengan menyandang status kiper termahal, tetapi lebih sering menghangatkan bangku cadangan? Atau, ia bisa melepas label kiper termahal guna mendapat lebih banyak jatah main bareng Juve.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here