Cannavaro Sulit Buat Sepakbola Eropa untuk Mulai Lebih Cepat

Debatbola.com – Sepakbola Eropa mati suri setelah virus corona merebak. Hampir semua liga, terutama liga top Eropa, sedang ditunda sejak pertengahan Maret.

Rencana awal liga akan kembali bergulir pada awal April kemungkinan besar tidak bisa terlaksana. Pasalnya virus corona di sejumlah negara belum mampu ditangani dengan baik, terutama di Italia dan Spanyol. Penundaan liga pun akhirnya diperpanjang hingga waktu yang tak ditentukan.

Eks bek Tim Nasional Italia, Fabio Cannavaro, menilai bahwa sepakbola Eropa kemungkinan besar tidak bisa kembali dimulai dalam waktu dekat. Ia secara khusus menyoroti keadaan di Italia dan Spanyol yang sangat terdampak oleh COVID-19. Ribuan orang dinyatakan positif terpapar virus corona.

“Dalam kurang dari satu bulan belum diketahui bahwa ada yang sedang terjadi di seluruh dunia. Aku rasa akan butuh waktu yang lama untuk kembali menjalankan liga di Italia dan Spanyol. Sulit buat sepakbola Eropa bisa berlanjut sebelum Mei,” kata pria berusia 43 tahun itu.

Cannavaro sendiri saat ini berada di Tiongok, negara tempat virus corona pertama kali menyebar. Setidaknya, ia pun punya sejumlah saran untuk sejumlah negara, termasuk tanah kelahirannya, Italia, untuk meredam virus corona, karena virus corona di Tiongkok saat ini sudah cukup bisa dikendalikan.

“Virus di Guangzhou sudah bisa dikendalikan dan kehidupan sudah kembali berjalan seperti biasa. Tidak ada lagi aturan ketat, hanya perlu berada di rumah selama 14 hari. Dua hari lagi, aku menyelesaikan masa karantinaku.”

“Semua orang harus melakukannya. Berada di rumah sangat penting karena kita tak memberikan kesempatan pada virus-virus itu menginfeksi lebih banyak orang. Kita harus belajar dari Tiongkok, mereka sudah sangat berpengalaman pada situasi ini.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here