Camp Nou Direnovasi, Barcelona Pindah Markas di Musim 2023/2024

0
21

Debatbola.com – Proyek renovasi Camp Nou yang sempat muncul dalam beberapa tahun terakhir pada akhirnya menjadi kenyataan. Tahap renovasi itu akan dimulai sekitar awal musim 2023/2024. Barcelona pun harus pindah ke Estadi Olímpic Lluís Companys selama renovasi berlangsung.

Dimulainya Proyek “Espai Barca”
Selama beberapa tahun terakhir, para pecinta sepakbola telah disuguhi informasi terkait proyek renovasi markas Barcelona, Camp Nou. Proyek renovasi itu terus mengudara, tetapi belum ada kepastian terkait kapan akan dimulai. Baru-baru ini, muncul kabar bagus terkait proyek itu.

The Athletic melaporkan bahwa proyek renovasi Camp Nou yang termasuk ke dalam proyek besar “Espai Barca” bakal segera dimulai. Detail mengenai kapan proses renovasinya pun sudah diberikan oleh The Athletic. Menurut laporan, proyek ini akan dimulai tahun depan.

“Espai Barca” sendiri adalah sebuah proyek yang digagas Joan Laporta dengan tujuan untuk mengembangkan stadion utama klub dan akademi Barcelona. Proyek ambisius itu pada akhirnya dimulai. Renovasi Camp Nou adalah agenda utama dari proyek yang digagas Lapota ini.

Detail Renovasi Camp Nou
Melansir dari The Athletic, renovasi stadion Camp Nou dilakukan karena Barcelona ingin menambah kapasitas kursi penonton. Saat ini, Camp Nou memiliki kapasitas sekitar 99 ribu kursi penonton. Target renovasi ini adalah Camp Nou memiliki kapasitas hingga 110 ribu penonton.

Apabila renovasi ini selesai, Camp Nou bakal menjadi stadion terbesar ke-3 dunia. Status sebagai stadion terbesar dunia saat ini diisi Rungrado 1st of May Stadium dengan kapasitas 150 ribu kursi. Lalu, ada Narendra Modi Stadium yang berkapasitas 132 ribu penonton.

Untuk musim 2022/2023, Barcelona tetap menempati Camp Nou sebagai markas utama mereka. Barulah pada musim 2023/2024, klub Catalan akan direlokasi menuju Estadi Olímpic Lluís Companys. Hal ini dikarenakan renovasi Camp Nou sebagian besar akan terjadi pada periode tersebut.

Guna memuluskan proyek ini, dana yang dikucurkan Barcelona juga terbilang tidak main-main, mencapai 1,3 miliar poundsterling, atau 23,6 triliun rupiah. Proyek sebagian besar akan dieksekusi pada musim 2023/2024. Lalu ditargetkan akan selesai total pada musim 2025/2026.

Pasca berakhirnya musim 2022/2023, Barcelona akan pindah markas ke Estadi Olímpic Lluís Companys. Satu musim setelahnya, Barcelona akan kembali ke Camp Nou, tapi kapasitas stadion akan berkurang 50 persen. Stadion akan kembali terisi penuh dengan kapasitas baru pasca renovasi.

Renovasi Camp Nou ini akan meliputi penambahan kursi, serta penambahan atap yang menutupi tribun. Camp Nou juga akan dipoles dengan tambahan teknologi modern di berbagai area. Lalu, Camp Nou juga akan berganti nama menjadi Spotify Camp Nou untuk alasan sponsor.

Bulan Maret lalu, Barcelona mengumumkan kerjasama baru dengan Spotify, dan kerjasama ini meliputi hak penamaan stadion. Spotify kabarnya mengucurkan dana 237 juta poundsterling untuk hak penamaan. Hak ini juga meliputi pemasangan logo Spotify di area tribun.

Mengenal Markas Baru Barcelona
Kurang lengkap rasanya apabila tidak membahas Estadi Olímpic Lluís Companys yang bakal menjadi rumah Barcelona untuk musim 2023/2024. Stadion ini berlokasi di Catalan, Spanyol, dan dibangun pada tahun 1927. Juga dikenal dengan nama Estadi Olímpic de Montjuïc.

Sekadar informasi, Estadi Olímpic Lluís Companys ini pernah menjadi venue sejumlah event olahraga akbar, seperti Olimpiade 1936 dan 1992, serta Paralimpiade 1992. Stadion ini juga menjadi stadion terbesar ke-5 di Spanyol. Memiliki kapasitas hingga sekitar 60 ribu kursi.

Barcelona akan menjadi klub olahraga ke-3 yang menempati Estadi Olímpic Lluís Companys. Sebelumnya, stadion ini pernah dipakai Barcelona Dragons, klub American Football yang juga berbasis di Catalan. Lalu, stadion ini juga pernah menjadi rumah Espanyol yang merupakan rival sekota Barcelona.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here