Buntut Marah-Marah Mourinho, Banyak Pemain AS Roma yang Bakal Ditendang

0
72

Debatbola.com – Rapor minor AS Roma dalam beberapa pertandingan terakhir membuat pelatih mereka, José Mourinho marah-marah. Mourinho bahkan menyebut beberapa pemainnya sebagai pemain yang tidak punya mental. Marah-marahnya Mourinho ternyata bakal berdampak pada ditendangnya beberapa pemain dari klub asal ibukota Italia tersebut.

Lemah Hadapi Big Match

José Mourinho melakukan comeback spesial ke Italia dengan merapat ke AS Roma pada summer transfer kemarin. Tentu saja, AS Roma menaruh harapan besar pada juru taktik asal Portugal tersebut. Dengan mendatangkan Mourinho, Srigala Ibukota berharap supaya mereka bisa berjuang dan menjadi penantang scudetto seperti dulu lagi.

Awal karir kepelatihan Mourinho di AS Roma terbilang bagus, dengan meraih enam kemenangan secara berturut-turut. Sayangnya, statistik I Lupi akhir-akhir ini mengindikasikan mereka sedang tidak baik-baik saja. AS Roma selalu gagal mendulang poin di laga big match, dan terakhir, mereka tumbang di tangan Inter Milan di Coppa Italia.

Sebelum kekalahan melawan Inter Milan pada 8 Februari lalu, AS Roma juga berturut-turut tumbang di empat laga big match lainnya. 9 Januari, mereka takluk dengan skor 3-4 di tangan Juventus. Lalu berturut-turut pada 6 Januari dan 4 Desember, klub arahan Mourinho bertekuk lutut di tangan duo Milan, AC Milan dan Inter Milan.

Kemarahan Mourinho

Catatan merah AS Roma di laga big match ini tentu saja membuat José Mourinho selaku allenatore merasa geram. Mourinho mengungkapkan kekesalannya tepat setelah pertandingan melawan Inter Milan di Coppa Italia berakhir. Mantan pelatih Tottenham Hotspur itu menyebut para pemainnya tidak punya mental karena takut setiap menghadapi big match.

“Saya ingin tahu, kenapa berhadapan dengan tim seperti Inter Milan sudah mengacaukan pikiran kalian cuma dalam sepuluh menit pertama!” Kata Mourinho kepada para starting lineup di pertandingan tersebut, seperti diungkap Il Corriere dello Sport. “Lalu saya ingin tahu, kenapa saat melawan AC Milan, kalian juga kacau di sepuluh menit pertama!”

“Semuanya, tanpa kecuali! Inter Milan adalah tim yang super, dan kalian punya kesempatan menghadapi mereka. Tapi, alih-alih mencari motivasi yang benar untuk mengalahkan mereka, kalian justru takut! Masalah terbesarnya adalah kalian selalu kehilangan bola, kalian kurang memiliki kepribadian.”

“Kalian takut dengan pertandingan-pertandingan semacam ini (pertandingan big match)? Pergi saja ke Serie C. Di sana kalian tidak akan pernah bertemu dengan tim-tim berstatus juara, stadion-stadion terbaik, atau tekanan yang hebat dari sepakbola. Kalian adalah orang-orang yang tidak layak memegang bola.”

Lima Pemain Terancam Ditendang

Amukan Mourinho itu ternyata berbuntut panjang, dan menurut Corriere dello Sport, amukan ini bisa berujung pada keluarnya sejumlah bintang. Laporan yang sama menyebut kemungkinan akan ada lima pemain yang ditendang. Mereka antara lain Jordan Veretout, Roger Ibañez, Matías Viña, Henrikh Mkhitaryan, dan Nicolò Zaniolo.

Veretout dan Ibañez memang selama ini tidak bisa menjadi pemain andalan Mourinho, kendati keduanya belum genap dua musim berkostum AS Roma di Liga Italia. Hal yang sama juga terjadi pada Matías Viña. Viña cuma menjadi pilihan sementara Mourinho sembari menunggu Leonardo Spinazzola kembali pulih dari cedera.

Mkhitaryan kini berada di penghujung kontraknya, dan Mourinho yang punya rekam jejak buruk bersama eks punggawa Manchester United kabarnya enggan mempertahankannya. Kemungkinan besar, tidak akan ada perpanjangan kontrak untuk Mkhitaryan. Pemain asal Armenia itupun bisa saja pergi dengan status bebas transfer.

Zaniolo menjadi nama yang paling mengejutkan berada di daftar ini, mengingat pemain 22 tahun punya kontrak yang masih terbilang panjang. Kontrak Zaniolo memang baru berakhir pada tahun 2024. Tetapi dengan sinarnya yang mulai redup dan inkonsistennya tampil di starting lineup, AS Roma mungkin akan berpikir untuk menguangkan sang pemain saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here