Buntut Kasus Pemalsuan Laporan Keuangan Juventus, Cristiano Ronaldo Ikut Terseret

0
54

Debatbola.com – Belakangan ini, muncul sebuah kabar mengejutkan bahwa Juventus sedang terlibat kasus pemalsuan laporan finansial. Kasus ini termasuk kasus yang cukup parah dan jika Juventus terbukti bersalah, mereka terancam turun kasta. Pada akhirnya, kasus ini berbuntut panjang hingga nama Cristiano Ronaldo ikut terseret.

Pihak Berwajib Grebek Si Nyonya Tua

Sebuah berita menggemparkan baru-baru ini mencuat ke permukaan, dan berita tersebut melibatkan salah satu raksasa sepakbola Italia, Juventus. Melansir laman Daily Mail, Juventus diduga melakukan pemalsuan laporan finansial. Raksasa Italia itu diketahui memalsukan sejumlah laporan berkaitan dengan aktivitas transfer yang mereka lakukan.

Jumat (26/11) waktu setempat, kantor Si Nyonya Tua yang berlokasi di Turin dan Milan diketahui digrebek oleh polisi. Dalam penggerebekan tersebut, polisi menyita sejumlah kontrak, tanda terima, serta laporan finansial apapun terkait transfer. Semua barang sitaan ini nantinya bakal menjadi bukti dalam kasus pemalsuan laporan Juventus ini.

Juventus sendiri diduga telah memalsukan sejumlah laporan berkaitan dengan aktivitas transfer selama periode tahun 2019 sampai tahun 2021. Raksasa Italia diketahui memalsukan sejumlah laporan ini bukan tanpa alasan. Pemalsuan ini mereka lakukan supaya mereka bisa lolos dari aturan Financial Fair Play atau biasa dikenal sebagai FPP.

Bukan cuma menyita berbagai barang bukti, pihak berwenang juga menginvestigasi sejumlah petinggi Juventus. Presiden klub Andrea Agnelli beserta wakil presidennya Pavel Nedvěd adalah dua di antaranya. Begitu pula sejumlah petinggi klub lain beserta mantan petinggi klub seperti Fabio Paratici yang kini bekerja untuk Tottenham Hotspur.

Beberapa kesepakatan transfer yang dilakukan Juventus selama periode tahun 2019 hingga 2021 diketahui telah dipalsukan. Termasuk kepindahan Cristian Romero dari Atalanta ke Tottenham Hotspur, tepat di hari yang sama saat Atalanta merekrutnya dari Juventus. Selain transfer Romero, 42 aktivitas transfer lain juga kini disorot oleh otoritas keuangan.

Ronaldo Ikut Terseret

Kasus pemalsuan laporan finansial Juventus ini ternyata berbuntut panjang, dan La Gazzetta dello Sport mengatakan bahwa kini, jaksa mempertanyakan transfer Cristiano Ronaldo. Jaksa kini sedang menyelidiki dugaan adanya kesepakatan rahasia antara Ronaldo dan Juventus. Kesepakatan ini memuat banyak hal, terutama soal gaji dan pesangon sebelum Ronaldo pergi.

Sebuah laporan mengatakan bahwa ada bukti berupa rekaman percakapan telepon di mana direktur Juventus membicarakan sebuah “dokumen rahasia” terkait Ronaldo. Penyidik sampai saat ini belum bisa menemukan dokumen tersebut. Sementara sang direktur juga tidak bisa memberi petunjuk apapun terkait eksistensi dokumen tersebut.

Guna memperjelas masalah ini, pihak penyidik berinisiatif memanggil Ronaldo bersama agennya Jorge Mendes kembali ke Italia. Siapa tahu, Ronaldo dan sang agen bisa memberi kejelasan terkait salah satu kasus pemalsuan dokumen transfer ini. Penyidik juga berharap agar Ronaldo bisa memberi sedikit petunjuk terkait keberadaan “dokumen rahasia” itu.

Bukan Kali Pertama Tersandung Skandal

Pihak Juventus sendiri tak boleh menganggap kasus dugaan pemalsuan laporan finansial ini sebagai masalah yang remeh. Jika terbukti bersalah, Juventus terbukti bersalah, maka mereka terancam terdegradasi menuju Serie B. Bukan cuma itu, Juventus juga terancam kehilangan titel mereka sebagai kampiun Liga Italia tahun 2020 kemarin.

Adapun jika hukuman ini sampai diberikan ke Juventus, maka ini akan jadi kali ke-2 Si Nyonya Tua mendapat hukuman serupa di abad ke-21. Tahun 2005 dan tahun 2006 silam, titel Juventus sebagai kampiun Liga Italia juga pernah dicopot. Mereka terbukti bersalah dan terlibat dalam skandal pengaturan skor yang sohor dengan nama skandal Calciopoli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here