Bukti Ucapan Rasial Wasit Keempat PSG VS Basaksehir

0
53
Bukti Ucapan Rasial Wasit Keempat PSG VS Basaksehir

Debatbola.comDugaan ucapan rasial dari Sebastian Coltescu, wait keempat Paris Saint-Germain (PSG) melawan Istanbul Basaksehir, ditranskrip oleh jurnalis asal Rumania bernama Emanuel Rosu. Coltescu diduga bertindak rasis kepada Pierre Webo, Asisten Pelatih Basaksehir.

Awalnya Webo diganjar kartu merah oleh wasit pemimpin pertandingan ketika laga baru berjalan 15 menit. Namun diduga bahwa Coltescu melontarkan kalimat rasialisme kepada Webo. Kejadian itu juga sempat menyulut Demba Ba yang merupakan penyerang Basaksehir.

Rosu pun mencoba mentranskrip ucapan Coltescu yang diduga berbicara rasis kepada Webo. “Orang hitam yang ada di sana. Coba cek siapa dia. Itu yang kulit hitam, tidak seharusnya dia bersikap seperti itu,” tulis Rosu melalui akun Twitter pribadinya.

Ucapan itu membuat situasi memanas sehingga para pemain Basaksehir memilih untuk tidak melanjutkan pertandingan. Sikap pihak kesebelasan tamu itu juga diikuti oleh PSG. Pertandingan pun ditunda yang akan dilanjutkan sejak menit ke-15. Coltescu pun mendapatkan sorotan tajam usai pertandingan tersebut. 

Berbagai kecaman dari sejumlah figur sepakbola pun keluar penilaiannya. Ada yang dilakukan oleh PSG dan Basaksehir sebagai langkah yang tepat untuk memilih walk off. Tapi berbeda pendapat dengan John Barnes yang merupakan mantan pemain Liverpool.

Sebab ia menilai ada kesalahpahaman terkait penggunaan kata ‘negru’. “Di sini ada staf pelatih Istanbul. Satu di antaranya harus diberi kartu merah dan wasit utama bertanya kepada wasit keempat, siapa yang dimaksudnya,” tulis Barnes dalam akun Twitter pribadinya.

Tanggapan Barnes itu menuai respon beberapa warganet. Di antaranya ada yang berpendapat bahwa seharusnya Barnes harus mengkritik dengan cara lain yang lebih baik. “Kalau HANYA ada orang kulit putih dalam ruangans atu grup, ya begitulah caranya,” tulis salah satu akun Twitter tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here