Brighton, Klub Paling Untung Di Bursa Transfer Kali Ini

0
64

Debatbola.com – Brighton merupakan klub papan tengah di Liga Inggris yang selalu membuat kejutan di setiap musimnya. Bahkan Brighton hampir selalu berhasil mengalahkan tim-tim besar Liga Inggris setiap kali bertanding. Terbaru klub bertajuk Seagulls itu berhasil mengalahkan Manchester United di pekan pertamanya.

Bukan hanya performa dalam permainan, Brighton juga selalu berhasil membuat kejutan di bursa transfer. Bahkan jika dibandingkan klub lain, Brighton menjadi klub yang paling untung di bursa transfer kali ini. Hal tersebut menunjukkan jika Seagulls merupakan klub tercerdik yang bisa memanfaatkan peluang sebaik mungkin.

Dapat Untung Banyak

Bursa transfer kali ini, Brighton memutuskan melepas beberapa pemain pentingnya ke klub lain. Namun klub tersebut tidak mau rugi dan hanya bersedia melepas sederet pemainnya itu dengan harga mahal. Karena kebijakan itulah Brighton berhasil untung besar dan bahkan jauh lebih besar dibandingkan ketika membeli pemain itu.

Nama pertama yang dilepas oleh Brighton yaitu Marc Cucurella yang dilepas ke Chelsea beberapa waktu lalu. Meskipun sempat mengalami kendala, namun Chelsea berhasil memenangkan perburuan Cucurella. Saga transfer pemain asal Spanyol tersebut cukup menarik karena menjadi pemain termahal yang berhasil dijual oleh Brighton.

Dalam penjualan Marc Cucurella, Brighton menerima uang sebesar 50 juta pounds dari Chelsea. Dana besar tersebut masih belum termasuk bonus ketika pemain tersebut memenuhi syarat tertentu selama membela The Blues. Marc Cucurella menang merupakan bek kiri berkualitas sehingga tidak heran jika Chelsea berani membayar mahal untuk mengamankan jasanya.

Selain Marc Cucurella, Brighton juga menjual satu lagi pemain ke klub rival di bursa transfer kali ini. Brighton menjual Yves Bissouma ke Tottenham Hotspur beberapa waktu lalu dengan harga cukup tinggi. Pemain asal Mali tersebut merupakan tipe gelandang serba bisa sehingga sangat disukai Antonio Conte.

Penjualan Yves Bissouma ke Tottenham Hotspur sebenarnya cukup beresiko namun berhasil memberi keuntungan besar. Brighton menerima uang sebesar 35 juta pounds dari Tottenham Hotspur untuk penjualan gelandang berusia 25 tahun tersebut. Memang tidak semahal Marc Cucurella, namun nominal tersebut sudah cukup tinggi untuk Brighton.

Satu lagi nama yang dilepas oleh Brighton pada bursa transfer kali ini yaitu Leo Ostigard yang dijual ke Napoli. Meskipun pemain berusia 22 tahun itu hanya terjual seharga 4,5 juta pounds saja, namun Brighton masih mendapat untung yang cukup besar. Pasalnya Seagulls hanya membutuhkan biaya sebesar 45 ribu pound untuk mendatangkan Ostigard di tahun 2018 lalu.

Belanja Sedikit

Dengan dana besar yang diperoleh dari penjualan 3 pemain tersebut, Brighton harusnya bisa mendatangkan pemain dengan harga mahal. Namun klub yang kini dilatih oleh Graham Potter tersebut justru terlihat santai dalam mendatangkan pemain. Bahkan biaya yang dikeluarkan juga relatif sedikit.

Sebagai pengganti Marc Cucurella, Brighton langsung membawa pemain dari Chelsea yaitu Levi Colwill. Bek kiri yang masih berusia sangat muda tersebut memang masuk dalam incaran Brighton. Beruntungnya lagi klub tersebut mendapatkan Colwill secara pinjaman dan termasuk dalam paket pembelian Marc Cucurella.

Sebelum mendatangkan Levi Colwill, Brighton juga berhasil mendatangkan dua pemain berharga murah di bursa transfer kali ini. Simon Adingra didatangkan oleh Brighton dari Liga Denmark dengan hanya membayar 7,2 juta pound saja. Klub tersebut juga berhasil mendatangkan Julio Enciso dari Libertad seharga 10,5 juta pounds.

Klub Cerdik

Melihat pergerakan Brighton di bursa transfer kali ini, dapat diketahui jika klub tersebut sangatlah cerdik. Dari total 84,5 pounds yang diperoleh dari penjualan, Seagulls hanya mengeluarkan biaya sebesar 17,7 juta pound untuk membeli pemain baru. Dari data tersebut, dapat dilihat berapa keuntungan yang diperoleh oleh Brighton.

Keuntungan itu masih bisa bertambah dengan ketentuan ads on yang diterapkan dalam kebijakan transfernya. Brighton memang memiliki kebiasaan membeli pemain muda yang kemudian diasah menjadi pemain berkualitas. Dengan begitu Brighton bisa mendapat keuntungan berkali-kali lipat.

Meskipun telah melepas pemain penting dan mendatangkan pemain baru berharga murah, namun performa Brighton tidak memburuk. Bahkan Brighton mampu tampil apik di pekan pertama Liga Inggris musim ini dengan memetik kemenangan atas Manchester United. Skuad Brighton juga masih diisi oleh nama-nama menarik seperti Mac Allister, Dunk dan masih banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here